Politik Pemerintahan

Wisata Pamekasan Belum Tunjukkan Geliat Memuaskan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah destinasi wisata di kabupaten Pamekasan, belum menunjukkan geliat memuaskan sekalipun berbagai upaya perbaikan maupun penambahan fasilitas dilakukan untuk menarik minat pengunjung.

Salah satunya destinasi wisata Pantai Talang Siring yang terletak di Desa Montok, Kecamatan Larangan, dimana jumlah pengunjung relatif minim dan hanya disesaki pengunjung ketika masa libur ataupun pada akhir pekan.

“Jumlah pengunjung setiap harinya relatif sepi, yang ramai biasanya ketika akhir pekan. Namun demikian, kalau setiap bulan total pengunjung sekitar 2 ribu orang,” kata Pengelola Pantai Talang Siring, Zubair kepada beritajatim.com, Selasa (21/1/2020).

Diakuinya, selama ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menarik minat pengunjung dengan melengkapi berbagai fasilitas. Semisal sarana bermain untuk anak-anak hingga perbaikan sejumlah fasilitas yang refresentatif.

“Berbagai upaya perbaikan hingga melengkapi sejumlah fasilitas sudah kita lakukan, tujuannya untuk menarik minat pengunjung ke Pantai Talang Siring. Bahkan saat ini, area wisata juga dilengkapi dengan fasilitas wisata mangrove,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya juga komitmen melakukan berbagai upaya untuk perbaikan dari berbagai sektor demi menarik minat pengunjung, sekaligus menambah masukan untuk kas daerah, yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Upaya terbaik terus akan kita lakukan demi menarik minat pengunjung,” tegasnya.

Disinggung soal pengunjung yang berkunjung ke destinasi wisata yang dikelolanya, ia menyampaikan sebagian besar merupakan pengunjung lokal. “Sebagian besar pengunjung masyatakat lokal, sekalipun ada beberapa orang dari luar, termasuk turis dari mancanegara,” pungkasnya.

Untuk diketahui, terdapat sejumlah destinasi wisata Pamekasan yang tersebar di sejumlah kecamatan berbeda. Mulai dari wisata pantai, alam hingga wisata religi. Seperti Pantai Jumiang, Api Alam alias Api Tak Kunjung Padam, Bukit Brukoh, Toronan Samalem, Asta Batuampar dan sejumlah destinasi wisata lainnya.

Bahkan beberapa waktu lalu, salah satu legislator Pamekasan juga menilai jika keberadaan wisata di Pamekasan cenderung belum maksimal menarik minat pengunjung. Seperti Pantai Jumiang yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, yang dinilai belum dilengkapi fasilitas mempuni. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar