Politik Pemerintahan

Whisnu Sakti Buana Berpeluang Pimpin PDIP Surabaya 20 tahun

Surabaya (beritajatim.com) – Meski sudah berkarir 15 tahun memegang kepemimpinan DPC PDIP Kota Surabaya sebagai sekretaris dan ketua, Whisnu Sakti Buana disebut masih akan menjadi Ketua DPC PDIP Kota Surabaya untuk periode lima tahun ke depan.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surabaya, Syaifuddin Zuhri melalui rilis yang diterima beritajatim.com, Kamis (27/6/2019) mengatakan, ada usulan kembali menyukseskan nama Whisnu sebagai Ketua PDIP Surabaya. Usulan itu datang dari pengurus anak cabang (PAC) alias pengurus partai di tingkat kecamatan.

“Sebanyak 31 PAC se-Surabaya sepakat mengajukan satu nama, yakni Whisnu Sakti Buana (WS) sebagai Ketua PDI Perjuangan Surabaya,” kata Syaifuddin Zuhri.

Whisnu Sakti sendiri telah berada di jajaran pimpinan DPC PDIP Surabaya selama 15 tahun. Whisnu menjadi Sekretaris DPC PDIP Surabaya selama 5 tahun pada 2005-2010. Kemudian, jadi Ketua DPC PDIP Kota Surabaya selama 2 periode, 2010-2020.

Artinya, jika kali ini disetujui DPP PDIP, kepemimpinan Whisnu Sakti akan bertambah 5 tahun lagi pada 2020-2025. Total bakal 20 tahun Whisnu berada di jajaran pimpinan PDIP Surabaya.

Saat ditegaskan tidak ada calon lain yang diusulkan, Syaifuddin mengiyakan bahwa hanya muncul satu nama saja di lingkungan PDI Perjuangan Surabaya.

“Iya, aklamasi mengajukan Whisnu sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya,” tegas pria yang akrab disapa Ipuk tersebut.

Artinya, tidak ada kandidat calon ketua PDIP Surabaya selain Whisnu Sakti, meski PAC sebenarnya bisa mengusulkan maksimal tiga nama calon ketua; serta DPC bisa mengusulkan calon Ketua DPC ke DPP minimal lima nama.

Meski demikian, Syaifuddin mengatakan, mekanisme pemilihan ketua DPC tersebut akan ditentukan DPP PDIP sesuai dengan aturan yang ada. DPD PDIP Jawa Timur juga berhak mengusulkan nama calon ketua DPC ke DPP.

“Penentunya ada di DPP,” jelasnya.

Sekadar diketahui, DPC PDI Perjuangan Surabaya akan menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Gedung Wanita Surabaya, Kamis (27/6/2019) malam ini.

Dalam agenda Rakercab tersebut, selain membahas mekanisme pengajuan nama calon Ketua DPC, juga sebagai ajang sosialisasi hasil dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tentang mekanisme partai dalam mencanangkan PDI Perjuangan menjadi partai pelopor. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar