Politik Pemerintahan

Wawali Kota Pasuruan Berangkatkan 132 CJH ke Tanah Suci

Pasuruan (beritajatim.com) – Sebanyak 132 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Pasuruan akhirnya berangkat ke tanah suci. CJH sebanyak ratusan orang tersebut langsung diberangkatkan oleh Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo dan Kemenag Kota Pasuruan, Abdul Rohman.

Terlihat lima unit bus yang terparkir di depan Gedung Gradika, Minggu (12/06/2022). Terlihat juga para keluarga CJH yang mengantarkan sanak saudara untuk berangkat ke tanah suci.

Kepala Kemenag Kota Pasuruan, Abdul Rohman mengungkapkan jika tahun ini Kota Pasuruan mendapatkan kuota sebanyak 132 jamaah haji yang diberangkatkan. Ratusan jamaah haji Kota Pasuruan yang berangkat hari ini merupakan kloter 14.

“Yang berangkat 132 CJH yang berangkat pada tahun ini. Tak hanya itu terdapat satu petugas haji daerah (PHD) dan satu tim pemandu haji Indonesia (TPHI),” ujar Abdul Rohman.

Menurut Abdul Rohman, suasana keberangkatan jemaah haji pada tahun ini lebih mengharukan. Pasalnya para jamaah sangat menantikan keberangkatannya setelah 2 tahun menunggu karena tertunda akibat pandemi covid-19. “Jamaah yang berangkat sudah menunggu sejak tahun 2020. Mereka sangat bersyukur akhirnya bisa berangkat, ” imbuhnya.

Jemaah haji yang berangkat ini adalah jemaah yang seharusnya berangkat pada tahun 2020 kemarin. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan keberangkatan mereka tertunda.

Abdul Rohman menyebut keberangkatan jemaah haji kali ini penuh haru. Mereka sangat menunggu-nunggu tibanya hari keberangkatan ini.

Sementara itu, Wawali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, berpesan kepada jamaah agar tetap mematuhi segala peraturan pelaksanaan haji di tanah suci. Termasuk menjaga protokol kesehatan selama menjalankan ibadah haji. “Meskipun disana sudah agak longgar, tapi jangan lupa jaga protokol kesehatan. Semoga semua mabrur dan bisa pulang kembali ke Pasuruan dengan selamat, ” ujar Adi.

Ratusan jemaah haji ini nantinya akan bermalam selama satu hari di asrama haji, Sukolilo, Kota Surabaya. Kemudian baru besok Senin (13/06/2022), mereka melanjutkan perjalanannya ke tanah suci. (ada/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar