Politik Pemerintahan

Water Front City, Gagasan Visioner Machfud Arifin untuk Berdayakan Kelestarian Sungai Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Calon Wali Kota (Cawali) Surabaya, Machfud Arifin menyiapkan terobosan untuk memanfaatkan aliran sungai. Machfud Arifin ingin sungai-sungai Kota Surabaya menjadi sumber kehidupan warga dan menjadi wajah kota yang cantik.

“Sungai ini adalah ciptaan tuhan yang perlu kita rawat agar terjaga kelestariannya agar pemanfaatannya maksimal untuk kebutuhan sosial dan ekonomi masyarakat,” ungkap Cak Machfud saat meninjau Sungai di Wonokromo, Senin (10/8/2020).

Untuk mewujudkan itu, Machfud Arifin menyiapkan gagasan water front city agar keasrian sungai tetap terjaga. Keunggulan dari water front city adalah sungai menjadi tampak depan dari kota. “Surabaya sangat potensial menjadi water front city tapi kita semua bersama-sama harus menjaga sungai agar terjaga kebersihannya,” ungkapnya.

Selain itu, mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma’ruf ini juga melihat daerah pinggiran sungai harus ditata menjadi lebih rapi. Penataan ini dapat memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat.

“Daerah pinggiran sungai bisa kita jadikan sebagai tempat berusaha bagi masyarakat seperti tempat makan, cafe atau cinderamata. Tapi ya dengan catatan sungai kita harus menarik bagi masyarakat yang datang,” kata dia.

Cak Machfud menambahkan sungai merupakan penyuplai utama dari air bersih masyarakat sehingga sangat penting untuk dijaga. Pengelolaan sungai juga harus berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Dari air sungai ini pemerintah mengolah menjadi air bersih, kalau sungainya bersih tentu saja berdampak pada air yang mengalir ke masyarakat. Kita bisa berkoordinasi dan saling kerja sama, tinggal komunikasi saja pasti kita bisa untuk mewujudkan Surabaya lebih maju dan makmur warganya,” pungkasnya. (hen/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar