Politik Pemerintahan

Waspada Angin Kencang dan Banjir, Ini Himbauan Kapolresta Mojokerto

Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (disingkat BMKG) Juanda memprediksi cuaca ekstrem masih terjadi di wilayah Mojokerto hingga bulan April 2020 mendatang. Untuk pihak Polresta Mojokerto menghimbau agar masyarakat waspada angin kencang dan banjir.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto menghimbau keselamatan dengan tidak menganggap remeh jika terjadi hujan dan angin kencang. “Jika terjadi angin kencang sebaiknya, berlindung di dalam rumah atau bangunan permanen yang kokoh,” ungkapnya, Sabtu (11/1/2020).

Kapolresta menghimbau agar tidak berada dh bawah atau dekat pohon besar yang rindang dan rapuh. Selain itu, papan reklame, baliho dan tiang karena rawan tumbang dan roboh. Pihaknya menghimbau agar waspada dengan benda-benda yang diterbangkan angin.

“Karena berpotensi mencederai. Tebanglah pohon tua yang besar dan rapuh untuk menghindari tumbang ketika angin kencang. Selain itu, wilayah hukum Polresta Mojokerto juga mewaspadai bencana banjir sehingga masyarakat dihimbau untuk selalu waspada,” katanya.

Karena jika terjadi hujan lebat, lanjut Kapolresta, berpotensi banjir. Masyarakat diminta untuk mengetahui sumber-sumber informasi bencana alam dan ramalan cuaca serta selalu memeriksa saluran air saat musim hujan. Dengan tujuan untuk memastikan saluran air tidak ada yang tersumbat.

“Kenali tanda-tanda banjir sebelumnya, perhatikan dan bandingkan dengan situasi saat ini. Jika berpotensi banjir, masyarakat dihimbau untuk segera menyelamatkan barang-barang maupun dokumen penting. Pastikan tersimpan di tempat yang aman,” tegasnya.

Masyarakat diminta agar mempersiapkan peralatan tanggal darurat dan memastikan setiap anggota keluarga mengetahui tindakan pertolongan pertama jika terjadi banjir. Pihaknya juga membuka call center jika masyarakat membutuhkan bantuan pihak kepolisian dengan menghubungi 110 atau nomor Whatsapp (WA) di 0822-3262-0110.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar