Politik Pemerintahan

Warga Terdampak Covid-19 di Kota Mojokerto Diminta Bersabar

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari meminta warga yang didata dalam Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) terdampak pandemi Covid-19 bersabar. Selama 12 hari petugas telah melakukan proses pendataan agar tidak terjadi double penerimaan bantuan.

“Semua terdampak, kami paham itu karena kondisinya tidak pasti. Kapan berakhirnya pandemi ini, hanya Allah SWT yang bisa berkehendak mencabutnya, tetapi kita tidak pernah tahu kapan habisnya masa ini. Jadi semakin banyak yang terdampak,” ungkap Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Jumat (8/5/2020).

Masih kata Ning Ita (sapaan akrab, red), pemerintah daerah bersama pemerintah provinsi dan pemerintah pusat sedang menyiapkan Bantuan Sosial Masyarakat (BSM), termasuk Pemkot Mojokerto. Selama 12 hari petugas disebar untuk melakukan pendataan dengan tujuan agar tidak terjadi double penerimaan bantuan.

Semua data yang diperoleh Pemkot merupakan pendataan yang didapat dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Wilayah (RW) dan juga fasilitator di lingkungan-lingkungan yang ada di seluruh Kota Mojokerto. Tujuannya agar tidak terjadi tumpang tindih dengan bantuan rutin pemerintah sebelum adanya pandemi Covid-19 seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Bagi warga yang sudah masuk dalam data fasilitator di lingkungannya masing-masing, termasuk PKL. Maka dalam waktu beberapa hari lagi bantuan itu akan turun pada masyarakat. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, habis didata, diminta KTP kok nggak turun-turun,” tegasnya.

Masih kata Ning Ita (sapaan akrab, red), proses penyiapan bantuan sosial masyarakat memakan waktu karena adanya verifikasi yang jelas dan tidak boleh adanya tumpang tindih dalam penerimaan bantuan.

“Kalau yang dibantu 10 orang, atau 100 orang bisa selesai sekarang, besok barang datang. Ini yang didata ratusan ribu hingga butuh proses untuk menyiapkan.Termasuk menyiapkan anggaran yang turun, semua ada mekanismenya agar tepat sasaran,” pungkasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar