Politik Pemerintahan

Warga Tanah Merah Demo ke Kantor DPMD Bangkalan, Ini Tuntutannya

Bangkalan (beritajatim.com) – Mencium adanya dugaan ketidak netralan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD). Sejumlah warga perwakilan dari Desa Tanah Merah Laok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan melakukan audiensi ke kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat.

Koordinator perwakilan warga, Ikrom Layli mengatakan. Dugaan tidak netralnya panitia karena molor melakukan pengumuman hasil verifikasi berkas.

“Masalah hasil verifikasi bacalon Pilkades, hasil calonnya kami tidak tau siapa saja. Hanya di spanduk tertulis calon akan dilakukan uji kompetensi,” ungkapnya, Selasa (6/4/2021).

Padahal menurutnya hasil verifikasi tersebut telah dikirim ke TFPKD. Namun pihak ketua P2KD tetap akan mengumumkan penetapan calon.

“Ketuanya hanya bilang bahwa hasilnya akan disampaikan hari senin, padahal di TFPKD sudah ada penetapan dan akan mengikuti uji kompetensi,” tambahnya.

Ia berharap, tim panitia netral dan transparan dalam proses menuju Pilkades hingga hari H pemilihan. Sehingga tidak ada konflik dibawah yang akan berakhir bentrok.

“Karena dibawah sudah ada isu bahwa ada pihak yang sengaja mengugurkan Bacalon, sehingga kami berharap panitia netral,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota TFPKD Bangkalan, dr Syafi mengatakan adanya pengaduan tersebut lebih baik juga disertakan bukti pelanggaran. Sehingga, pihaknya dapat merekomendasikan pada Bupati.

“Kami memang tidak bisa melakukan penindakan namun akan kami rekom ke pak bupati untuk mendapat tindak lanjut,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap ketua P2KD Desa Tanah Merah Laok yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) dapat memilih satu jabatannya. Hal itu dimaksudkan agar dapat menjaga kepercayaan masyarakat.

“Secara regulasi memang tidak salah, namun untuk menghindari konflik atau dugaan-dugaan yang membuat kepercayaan masyarakat luntur,” tandasnya.[sar/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar