Politik Pemerintahan

Pilkada Jember

Warga Silo Bikin Patung Kayu Salam Dua Jari untuk Hendy-Firjaun

Jember (beritajatim.com) – Kandidat bupati Hendy Siswanto mendapat kejutan berupa patung tangan yang mengacungkan jari telunjuk dan jempol, sama seperti ‘salam dua jari’ yang bisa digunakannya bersama calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman, saat berkunjung ke Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (20/10/2020).

Patung fosil kayu itu dibuat Agus Supriadi. Ia salah satu perajin di desa tersebut. Hendy menyebut Sidomulyo sebagai smart village atau desa cerdas mandiri, saat menghadiri acara bedah motif batik khas Jember Pasadeng yang diprakarsai Komunitas Pengrajin Batik Sehati, Batik Sidomulyo dan Komunitas Budayawan Batik Jember.

Hendy kagum, ternyata Sidomulyo bisa mengintegrasikan batik, kopi, peternakan raja domba, sampai kerajinan kayu fosil untuk dimanfaatkan menjadi komoditas penggerak ekonomi masyarakat. Ini konsep menarik dalam bingkai desa wisata edukasi. “Hal ini sejalan dengan salah satu dari tujuh program unggulan kami yaitu desa cerdas mandiri (smart village),” katanya.

Kamiludin, penggagas Gerakan Pemuda Sidomulyo sekaligus pemilik Batik Sidomulyo, mengatakan, sejauh ini komunitas di desanya bergerak secara mandiri. Kehadiran pemerintah daerah diharapkan menjadi faktor penunjang untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas produk dan hasil komoditas penggerak ekonomi masyarakat di desa.

Hendy bisa meminta warga di Sidomulyo untuk bersabar. “Saya memastikan jika warga Sidomulyo ikut memenangkan Haji Hendy Siswanto dan Gus Firjaun Barlaman, pemerintahan daerah akan selalu hadir untuk seluruh warga Jember,” katanya, ditemani istrinya Kasih Fajarini.

Hendy sejak awal menyadari betul potensi di Jember tidak bisa berkembang karena kurangnya kehadiran pemerintah sebagai pengayom masyarakat. “Padahal itu adalah hak mendasar yang perlu didapatkan oleh seluruh masyarakat,” katanya. Dia dan calon wakil bupati Firjaun Barlaman ingin mengembalikan hak-hak tersebut sebagaimana mestinya.

Hendy mengunjungi tempat-tempat yang memiliki potensi di Sidomulyo dan melakukan diskusi kecil untuk membahas program-program pengembangan. “Sehari di Silo seperti berada dalam bingkai harapan untuk semakin yakin menuntaskan perjuangan kemenangan bersama rakyat Jember,” katanya. Komunitas warga sembilan desa di Silo juga mendeklarasikan dukungan terhadap Hendy dan Firjaun. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar