Politik Pemerintahan

Warga Putat Gede Surabaya Keluhkan Soal Infrastruktur

Surabaya (beritajatim.com) – Menjelang tutup tahun 2019, program pembangunan Pemkot Surabaya disorot.

Salah satunya proyek pembangunan saluran air dan box culvert yang belum tuntas.

Kondisi tersebut berada di wilayah Dukuh Jurang Indah, Kelurahan Putat Gede, Kecamatan Sukomanunggal Surabaya.

Selama ini perkampungan lama tersebut terisolir dari pembangunan infrastruktur. Pasalnya, Pemkot Surabaya menganggap wilayah Dukuh Jurang Indah lahan mereka berstatus illegal.

Namun, perkampungan yang dihuni sekitar 150 KK ini termasuk kampung lama. Sedianya, lokasi Dukuh Jurang Indah menjadi satu wilayah dengan Putat Gede.

Lantaran, saat itu terdapat pembangunan tol Satelit. Akses perkampungan tersebut terpisah.

Menurut Susanto, Ketua RT 1 RW 3 Dukuh Jurang Kuping, pihaknya sudah mengirim perhomohan untuk pembangunan saluran air dan pavingisasi kepada Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana.

’’Sudah ada tanggapan. Tetapi belum tuntas,’’ kata Susanto, saat ditemui media, Minggu (29/12/2019).

Ia menambahkan, pihak Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Surabaya sudah turun tangan. Yakni, melakukan pavingisasi di sepanjang perkampungan.

Susanto menyatakan pavingisasi tersebut tidak tuntas.’’Sudah dipasang. Tapi belum distampler. Saluran air malah tidak dikerjakan, ditinggal begitu saja,’’ terang dia.

Ia berharap agar pengerjaan tersebut bisa dituntaskan. Pasalnya, saat ini sudah memasuki musim hujan.

Terpisah, Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana sudah mendengar informasi tersebut. Warga Dukuh Jurang Indah memang pernah mengadukan permohonan pavingisasi dan saluran air. ’’Setahu Saya sudah dikerjakan,’’ kata politisi PDIP yang akrab disapa WS ini.

Namun, menyoal belum tuntasnya pengerjaan WS meminta pengurus kampung untuk segera berkirim surat kembali kepada Pemkot.

’’Segera saya panggil dinasnya untuk mengetahui ada kendala apa kok sampai belum tuntas pengerjaan,’’ kata pejabat yang kembali maju dalam Pilwali Surabaya 2020 mendatang ini.(ifw/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar