Politik Pemerintahan

Warga Protes P2KD Ketapang Timur, Ini Alasannya

Puluhan warga saat melakukan protes ke kantor P2KD Ketapang Timur

Sampang (beritajatim.com) – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, menuai protes dari salah satu pendukung calon Kades nomor urut 2, Mat Taryo (incumben).

Pantauan di lokasi, warga mendatangi kantor Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) setempat untuk memprotes terkait rencana pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah ditetapkan oleh panitia dan tim delapan dari Kabupaten.

Mohammad Tamam, Tim sukses Cakades Mat Taryo mengatakan, sebenarnya P2KD sudah mengajukan delapan titik lokasi tempat pemungutan suara (TPS) kepada tim delapan.

Di antaranya di Dusun Gilin Barat, Gilin Daya, Gilin Laok, dan Tlagah. Panitia dan tim delapan dari Kabupaten sudah melakukan survei lokasi. Tapi dari hasil survei tersebut, P2KD dan tim delapan justru memilih tempat di luar yang diajukan. Sehingga, pihaknya meminta agar P2KD dan tim delapan membatalkan lokasi TPS tersebut.

“Kami meminta agar TPS harus berlokasi di tengah-tengah wilayah masing-masing calon. Itu demi keamanan dan kenyamanan pelaksanaan Pilkades,” ujarnya, Senin (18/11/2019).

Terpisah, ketua P2KD Ketapang Timur, Agus Riyanto mengklaim bahwa tahapan Pilkades di Ketapang Timur berjalan sesuai dengan ketentuan. Menurut dia, penetapan TPS Pilkades sesuai dengan arahan dari tim delapan.

“Kami tetap merespon tuntutan warga pendukung calon nomor urut dua (Mat Taryo.red) dan akan menyampaikan kepada tim delapan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Pilkades di Desa Ketapang Timur ada dua kandidat calon Kepala Desa, yakni nomor urut 1 Muzakiy dan nomor urut 2 Mattaryo. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar