Politik Pemerintahan

Bersihkan Avour Geluran

Warga Pondok Jati Dapat Apresiasi Pj Bupati Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pj. Bupati Sidosrjo mengapresiasi kekompakan warga perumahan Taman Pondok Jati RW. 4 Kelurahan Geluran, Kecamatan Taman dalam membersihkan Avour Geluran dan menjadikannya wisata kampoeng.

Pj Bupati Sidoarjo berkesempatan datang melihat langsung Avour Geluran yang dulunya kumuh sekarang sudah bersih. Ketua RW. 4 Taman Pondok Jati, Wisnu menyampaikan dulunya Avour Geluran yang melewati kelurahan Geluran sangat kumuh dan banyak sampahnya.

Kemudian, Wisnu bersama warganya perlahan-perlahan secara mandiri dan swadaya membersihkan sampah yang didominasi seperti popok bayi dan sampah plastik. Setelah tampak bersih, Wisnu mengajukan surat kepada Balai Besar Sungai Brantas Kementerian PU PR agar segera dilakukan normalisasi.

Kini, Avour Geluran yang dulu kumuh sekarang tampak bersih dan sudah dilakukan normalisasi. “Saya bersama warga RW 4 sepakat membersihkan avour ini karena kami lihat sangat kotor penuh dengan sampah. Warga kompak bergotong royong atau kerja bakti tiap hari libur dipakai bersih-bersih,” ujar Wisnu Rabu (23/12/2020).

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan, konsep yang benar memang seperti itu. Ketua RW-nya menggerakkan warga untuk ikut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungannya.

“Sinergi, konsep pembangunan pemerintah ya seperti yang dilakukan warga RW 4 Taman Pondok Jati ini. Ada partisipasi langsung dari masyarakat. Tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah. Apa yang dilakukan warga sini bisa jadi percontohan bagi desa/kelurahan lain,” kata Hudiyono.

Menurut Cak Hud, sapaan akrab Pj Bupati Sidoarjo ini, bahwa kehadiran pemerintah penting, pejabat itu harus melayani jika ada warga yang punya inisiatif dan berpartisipasi seperti ini maka pemkab harus mendukung.

“Pejabat harus hadir langsung ke lokasi jika tahu ada warganya aktif menjaga kebersihan, seperti yang dilakukan Pak Wisnu dan warga RW 4. Kerja bakti ini tidak dibayar tapi punya nilai manfaat tinggi, bisa menggerakkan warganya kompak bersama-sama menjaga lingkungan,” terangnya.

Cak Hud datang bersama Kepala Dinas PU Cipta Karya Sulaksono dan Camat Taman Ali Sarbini. Hudiyono juga menyampaikan akan memfasilitasi warga yang memiliki inisiatif seperti warga Taman Pondok Jati.

“Pemkab Sidoarjo sepenuhnya mendukung gerakan menjaga kebersihan lingkungan apalagi musim pandemi Covid-19 kebersihan menjadi prioritas utama,” papar Kabiro Kessos Pemprov Jatim itu. [isa/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar