Politik Pemerintahan

Warga Kecamatan Dampit Tagih Janji Bupati Malang

Malang (beritajatim.com) – Warga Desa Jambangan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang menagih janji Bupati Malang HM Sanusi agar segera melakukan perbaikan jalan desa yang rusak.

Permintaan warga itu setelah Pemkab Malang yang dihadiri Bupati dalam program Gema Desa berjanji melakukan perbaikan jalan di awal tahun 2020 ini.

“Waktu acara Gema Desa di Jambangan Pak Sanusi janji, jika perbaikan jalan  ini akan dimulai awal tahun 2020 ini. Ternyata sampai hari ini belum ada kabar soal perbaikan itu,” ungkap salah seorang warga Desa Jambangan, Kamis (9/1/2020).

Saat kunjungan Bupati Malang pada giat Gema Desa tahun lalu, warga mengadu ke Bupati. Pasalnya, ketika melintas di jalan Sumbersari menuju Dusun Grangsil yang rusak, Warga juga  membentangkan kertas putih bertuliskan seolah menghadang rombongan Bupati sambil membawa spanduk “Bapak Bupati Perbaiki Jalan di Desa Jambangan”.

Melihat kerumunan warga, Bupati Malang HM.Sanusi pun menghampiri warga serta berdialog secara langsung. Kata Sanusi kala itu, jalan yang rusak tersebut akan segera diperbaiki oleh Pemkab Malang melalui Dinas Bina Marga.

“Bulan depan akan dikerjakan oleh Bina Marga,” tutur warga menirukan janji Bupati. Bupati juga menjelaskan, infrastruktur memadai berupa jalan yang bagus, menjadi kebutuhan masyarakat.

“Tentunya keberadaan jalan sangat vital bagi masyarakat. Mereka perlu beraktivitas serta menjual hasil pertanian. Sehingga, dibutuhkan kondisi jalan yang bagus,” ungkap Sanusi ketika itu.

Khusus untuk penanganan jalan rusak di Desa Jambangan, pihaknya  menginstruksikan Kepala Desa setempat agar berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Kabupaten Malang. Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Romdhoni waktu itu juga menjelaskan, pengerjaan jalan rusak Desa Jambangan yang sempat viral di Medsos, akan dilakukan secara bertahap.

“Proses lelang sudah selesai, sehingga bisa dikerjakan bulan depan,” ujar Romdhoni. Akan tetapi,  perbaikan jalan rusak di tempat itu belum bisa dilakukan secara keseluruhan.

“Mungkin bulan depan kami tambal dulu jalan yang berlubang. Kemudian dilanjutkan pada bulan berikutnya dengan peningkatan kualitas jalan yang ada di Desa Jambangan ini. Jalan yang  rusak cukup panjang, lebih dari tiga kilometer. Sedangkan biaya keseluruhannya cukup banyak untuk perbaikan, yakni Rp 1.5 milyar,” ulas Romdhoni.

Sementara itu, Kepala Desa Jambangan Eko Hadi Cahyono ST menambahkan, kerusakan jalan ini belakangan memang sangat dikeluhkan oleh warga. Khususnya jalan poros menuju kampung Bunga Grangsil.

“Tetapi sesuai janji Bupati saat acara Gema Desa di Dusun Grangsil, jika perbaikan jalan  akan dilakukan tahun 2020 ini, termasuk rambu-rambu penunjuk arah menuju Kampung Bunga, Bupati juga perintahkan Dinas Perhubungan untuk membuatnya,” beber Eko, Kamis (9/1/2020) siang.

Masih kata Eko, pihaknya juga sudah melakukan konfirmasi kepada Bupati Malang. “Mudah-mudahan janji itu ditepati, sehingga tahun 2020 ini jalan Desa Jambangan diperbaiki. Terutama jalan menuju kampung Bunga Grangsil,” Eko mengakhiri. (yog/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar