Politik Pemerintahan

Warga Kabupaten Malang Dihimbau Waspadai Demam Berdarah

Malang (beritajatim.com) – Ditengah pandemi corona virus disease 2019 atau Covid-19, warga Kabupaten Malang dihimbau untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah (DB) dan tuberkulosis alias TBC. Hal ini dituturkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo.

“Sementara tidak aman, selain Covid-19 ya. Sekarang untuk DB dan TB paru masih rawan,” ucap Arbani, Rabu (22/4/2020).

Mantan Direktur Utama RSUD Lawang ini menyampaikan, baik Covid-19 maupun penyakit lainnya telah ditangani secara serius. Hanya saja, katanya, porsi penanganan Covid-19 lebih besar lantaran wabahnya menyeluruh secara global.

“Ya sama penting karena semua ditangani barengan cuma Covid-19 ini kan setingkat internasional. Tapi kami tetap jalan semua, cuma yang banyak Covid-19, itu sudah jadi tren. DB seperti tidak ditangani, tapi sebenarnya di lapangan tetap jalan, tetap kita tangani dan kita perhatikan,” terang Arbani.

Lebih jauh, langkah antisipatif sendiri juga telah diambil Dinas Kesehatan melalui sejumlah Puskesmas untuk penanganan kasus DB. Salah satunya yang dilakukan oleh Puskesmas Sumberpucung dengan melaksanakan fogging di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung.

“Intinya ya sama, perilaku bersih dan sehat. Semua penyakit ini kan sumbernya individu dan lingkungan. Dari kami bisa melakukan sosialisasi, penyuluhan, tapi kan tergantung kebersihan lingkungan juga,” tegas Arbani.

Arbani juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga perilaku hidup sehat, baik individu maupun lingkungan sekitar tempat tinggal. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar