Politik Pemerintahan

Warga Jombang Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

Jombang (beritajatim.com) – Ratusan warga yang memadati acara CFD (Car Free Day) di Jl Wahid Hasyim Jombang membubuhkan tanda tangan di atas spanduk warna putih, Minggu (13/10/2019). Hal itu sebagai bentuk dukungan untuk suksesnya pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin.

Tepat di tengah spanduk tersebut terdapat gambar Jokowi-Ma’ruf. Sedangkan pada bagian atas terdapat tulisan ‘Guyub Rukun Indonesia Damai’. Acara ini digagas oleh relawan Projo (Pro Jokowi). Selain menggalang tanda tangan, juga dilakukan doa lintas agama. Harapannya, Indonesia tetap damai dan pelantikan Jokowi-Ma’ruf pada 20 Oktober berlangsung aman.

Orang yang pertama membubukan tanda tangan adalah Wakil Bupati Jombang Sumrambah. Dia didampingi Ketua Projo Jombang Joko Fatah Rachim, serta Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Baragama) KH Isrofil Amar. Hadir pula pengasuh PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Jombang KH Zaimudin Asad atau Gus Zuem.

Usai para tokoh membubuhkan tanda tangan, kemudian disusul warga yang berada di lokasi. Dengan tertib, mereka membubuhkan tanda tangan secara bergiliran. Setelah tanda tangan, masyarakat yang memadati lokasi diberi suguhan sarapn gratis.

Sejurus kemudian para tokoh berkumpul di panggung lesehan untuk memanjatkan doa. Pembacaan doa dilakukan secara bergantian oleh masing-masing perwakilan. Mulai Khonghucu, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, serta Islam. Semua berharap Indonesia selalu aman dan damai.

Ketua Projo Jombang Joko Fatah mengatakan, warga Jombang mendukung suksesnya pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Karena Presiden-Wakil presiden tersebut terpilih secara konstitusional melalui Pilpres lalu. “Kami warga Jombang mendukung pelantikan tersebut agar berjalan sukses. Tidak boleh ada pihak yang menggangu,” kata Joko Fatah.

Makanya, selain penggalangan tanda tangan, dalam acara tersebut juga digelar doa lintas iman. Juga selamatan bersama warga dengan cara sarapan gratis. “Ini sekaligus selamatan agar pelantikan Pak Jokowi berlangsung aman dan sukses,” katanya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar