Politik Pemerintahan

Wapres JK: Masjid Makmur, Indonesia Unggul

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Kamis (3/10/2019). Dalam kesempatan ini, Ia melantik Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa JK ini menyoroti pentingnya perbaikan kualitas sound system di masjid-masjid. Menurutnya, 80 persen kegiatan masyarakat yang dilakukan di masjid yakni mendengarkan. Mulai dari mendengarkan ceramah hingga lantunan ayat Alquran. Untuk itu, sound system di masjid merupakan komponen penting.

“Memperbaiki sound system masjid itu karena 80 persen waktu kita di masjid itu mendengarkan. Bisa mendengarkan pengajian, khotbah, ceramah, laporan keuangan. Ibadah dan doa baru 20 persen,” kata JK usai melantik Pengurus DMI Jatim di Islamic Center Surabaya, Kamis (3/10/2019).

Posisi Jatim yang merupakan salah satu provinsi dengan masjid terbanyak turut memantik perhatian JK. Untuk itu, Ia mendorong langkah Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam memakmurkan masjid dalam program Jatim Berkah.

“Tujuan kita memakmurkan masjid. Agar masjid makmur, Indonesia unggul. Saya tentu juga mengakui provinsi yang paling banyak masjidnya itu Jawa Timur,” imbuhnya.

Menurut¬†JK, saat ini di Indonesia ada hampir 1 juta masjid. Itu membuktikan jika tingkat keimanan masyarakat kian meningkat. “Kita bersyukur kemajuan ataupun ketinggian keimanan masyarakat atau suasana peribadatan makin tinggi, makanya masjid itu berkembang. Di sekolah, di kantor, di mal semua ada masjid. Itu menandakan bahwa tingkat keagamaan dan tingkat peribadatan kita lebih baik,” paparnya.

“Tugas kita memperbaiki dan mengkoordinasi jumlah masjid datanya kita sedang kumpulkan. Yang tercatat ada 800 ribu tapi sudah mendekati sejuta,” lanjut JK.

Di kesempatan yang sama, Ketua DMI Jatim M Roziqi mengatakan, pihaknya tengah berupaya memperbaiki sound system yang ada di beberapa masjid di Jatim. Program ini tengah dilakukannya dengan menjangkau lebih banyak masjid lainnya.

“Kami tetap melanjutkan program perbaikan sistem pengeras suara atau sound system. Kami diberikan amanat gubernur untuk melakukan amanat tersebut. Dalam rangka ikut mensukseskan program beliau, Jatim Berkah. Takmir masjid di Jatim ada 11 ribu imam masjid yang berada di pelosok, mendapatkan uang kehormatan dari Ibu Gubernur,” pungkas Roziqi. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar