Politik Pemerintahan

Walikota Kediri Minta Camat dan Lurah Gerak Cepat Cegah COVID-19

Kediri (beritajatim.com) — Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota Kediri dalam mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 yang begitu cepat. Pagi ini, (20/3/2020) Walikota Kediri menggelar teleconference bersama seluruh Camat dan Lurah di Kota Kediri bertempat di Command Centre. Pada teleconference ini Walikota Kediri ditemani oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Kediri Mandung Sulaksono serta Kepala Dinas Kesehatan dr. Fauzan Adima.

Dalam teleconference tersebut, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menekankan kepada seluruh Camat dan Lurah berkolaborasi mengambil langkah cepat. Bahkan Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana dan Komandan Kodim 0809 Letkol Kav Dwi Agung beserta jajarannyannya turut bersinergi alam menekan penyebaran virus yang telah ditetapkan menjadi pandemi ini. Langkah pertama yang diambil adalah penyemprotan desinfektan di setiap kantor terutama pada ruang pelayanan.

“Nantinya Dinas Kesehatan akan memberikan tiga tablet desinfektan, dimana satu tablet desinfektan dapat dilarutkan dalam 5 liter air,”jelasnya.

Kedua, Walikota yang akrab disapa Mas Abu ini meminta di setiap kantor wajib menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun.

Ketiga, Camat dan Lurah harus terjun memberikan sosialisasi kepada warga tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Serta menghimbau agar masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah saja. Paling penting juga dilakukan pendataan terhadap warga yang memiliki riwayat berpergian dari daerah terjangkit ataupun dari luar negeri. Sehingga bisa diambil langkah penanganan.

Terakhir Mas Abu meminta agar masyarakat tidak perlu panik dan terus memantau perkembangan mengenai COVID-19 pada website corona.kedirikota.go.id dan pada call centre (0354) 2894000 atau 08113787119 yang dapat diakses 24 jam.

Sebelumnya, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar juga menggelar rapat bersama pengusaha bioskop di Kota Kediri bertempat di Ruang Kerja Walikota Kediri. Diantaranya dari XXI, CGV Cinemas dan Golden Theater.

Mas Abu memberi arahan kepada pengelola agar bioskop yang mereka kelola ditutup sementara waktu untuk mendukung langkah Pemerintah Kota Kediri dalam menelan penyebaran COVID-19. Apalagi Kota Kediri menjadi hub bagi daerah sekitar. Dimana banyak orang berdatangan ke Kota Kediri. [nm/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar