Politik Pemerintahan

Wali Kota Kediri Tabur Benih Ikan, Ini Tujuannya

Kediri (beritajatim.com) – Kota Kediri memiliki balai benih ikan yang berada di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri (DKPP). Dengan begitu benih-benih ikan yang ada di balai tersebut dimanfaatkan untuk mempercantik sumber-sumber yang ada di Kota Kediri. Pada hari Rabu (20/1/2021) Sumber Jiput dan Sumber Bulus, dipilih Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjadi tempat ditaburnya ribuan benih ikan koi dan ikan mas besar.

Wali Kota Kediri menginstruksikan DKPP untuk melakukan riset tentang ikan endemik apakah yang ada di Sumber Jiput dan Sumber Bulus. Sehingga nantinya yang akan ditabur di sumber-sumber ini sesuai dengan ikan endemiknya, agar sumber-sumber ini terlihat lebih cantik. Saat ini yang menjadi fokus yaitu untuk membesarkan ikan-ikan yang telah ditabur hari ini, agar ikannya besar dan beranak sehingga ikan disini tambah banyak.

Selanjutnya Wali Kota Kediri memberikan arahan untuk kelestarian ikan di sumber-sumber ini. “Selain itu, saya pesan agar ikan-ikan di sumber ini jangan dipancing. Karena hal itu membuat tidak sustainable. Saya dengar juga, ada yang disetrum atau diberikan obat, seharusnya itu ditangkap karena itu telah merusak lingkungan,” terang Wali Kota Kediri.

Selain itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan bahwa agenda untuk sidak ke sumber ini sering dilakukannya. Hal ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menjaga dan merawat sumber mata air ini. Ketika sumber-sumber ini bersih dan indah, pasti masyarakat yang berkunjung senang dan lebih semangat untuk terus merawat demi kelestarian sumber.

Di kegiatan tabur benih ikan ini, juga turut serta Kepala DKPP Mohammad Ridwan, Kepala Disbudparpora Nur Muhyar, Kepala DLHKP Didik Catur, Kepala Barenlitbang Edi Darmasto, Camat Kota Arief Cholisudin, Camat Pesantren Widiantoro, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Herwin Zakiyah, Lurah Rejomulyo Jahroni, Lurah Tosaren Sulis, LPMK dan karang taruna. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar