Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Optimistis Ekonomi Kota Malang Pulih dengan Bersinergi

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang (beritajatim.com) – Wali Kota Malang, Sutiaji optimis ekonomi daerahnya pulih, langkah awal adalah bersinergi dengan industri jasa keuangan. Menurutnya indikasi kebangkitan dilihat dari tingginya pergerakan sektor ekonomi selama masa mudik lebaran. Pariwisata pun mulai kembali menunjukan geliat kebangkitan.

“Tingginya perjalanan mudik kemarin luar biasa, diikuti dengan banyaknya wisatawan yang datang. Maka, Industri Jasa Keuangan mari momentum baik ini harus kita manfaatkan dengan sinergi bersama seluruh stakeholders,” kata Sutiaji, Selasa (17/5/2022).

Pemantapan pemulihan ekonomi menurut Sutiaji dapat digenjot dengan penguatan ekosistem dan peran UMKM. Melakukan aktivasi destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif. Memperkuat infrastruktur penunjang termasuk infrastruktur digital, serta dengan tetap menjaga terkendalinya kasus Covid-19.

“Kalau kemarin saja kita lihat bouncingback-nya sampai enam, artinya pertumbuhan bagus. Saya punya keyakinan kalau sudah dibuka kerannya ini semakin bagus. Karena wisatawannya kemarin sudah luar biasa, okupansi sudah bagus. Dan inflasi itu menunjukkan bahwa daya beli masyarakat mulai membaik,” imbuh Sutiaji.

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi Kota Malang sendiri melesat dari -2,26 persen ditahun 2020 menjadi 4,21 persen di tahun 2021 atau mengalami rebound 6,47 poin persen. Sutiaji menyebut peran serta industri jasa keuangan menjadi penting untuk mendorong keberhasilan tersebut. “Perbankan menjadi satu otoritas sendiri yang mempunyai kekuatan dan nilai tawar terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Malang,” imbuhnya.

Industri jasa keuangan, dikatakan Sutiaji, dapat mendorong lewat penguatan akses pembiayaan pada UMKM dan pelaku ekonomi kreatif. Juga bisa dengan melakukan penguatan inklusi dan literasi keuangan, seperti penguatan literasi digital.

“Sekarang merambah ke bagaimana literasi masyarakat dengan digital, itu harus kita kuatkan. Jadi ini harus kita bangun bersama-sama, harus optimis. Harus kuat optimisme kita semua,” tandas Sutiaji. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar