Politik Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Ajak Anak Muda Berkreasi di Era Digital

Wali Kota Sutiaji ajak anak muda Kota Malang berkreasi di era digital.

Malang(beritajatim.com) – Wali Kota Malang, Sutiaji memotivasi anak-anak muda yang ikut dalam Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi Pencari Kerja pada Bursa Kerja Khusus di Kota Malang Tahun 2021, mereka semua alumni SMK di Kota Malang. Kegiatan ini dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang (Disnaker PMPTSP), Kamis, (25/03/2021).

“Bekerja di era digital seperti saat ini tidak harus berhenti di sektor formal. Namun menjajal untuk berkarya di sektor informal, seperti industri kreatif, memiliki peluang tersendiri. Bekerja dengan basis digital itu menjadi sangat memungkinkan, apalagi sekarang dengan Ekonomi Kreatif. Ini yang harus diciptakan oleh Kota Malang yang punya potensi luar biasa di dunia IT,” kata Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, potensi Kota Malang cukup luar biasa di ekonomi kreatif khususnya Industri Digital. Potensi yang dimiliki harus terus ditingkatkan. Apalagi Kota Malang berkomitmen mewujudkan program Smart City yang tentunya harus ditunjang dengan digitalisasi di berbagai lini.

Kegiatan ini digelar untuk memberikan pemahaman pencari kerja tentang bursa kerja khusus dan peraturan Perundang-undangan Ketenagakerjaan. Berdasarkan data BPS jumlah angkatan kerja di Kota Malang mencapai 470.610 orang. Sehingga penyelenggaraan kegiatan semacam ini menjadi penting sebagai upaya menggali kemampuan dan ketrampilan tenaga kerja.

“Baik melalui penyuluhan bimbingan jabatan maupun pelatihan teknis manajerial sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga tercipta tenaga kerja yang siap, terampil, disiplin dan produktif, serta sesuai dengan kebutuhan industri maupun keperluan usaha mandiri,” ucap Sutiaji.

Usai memberi motivasi, Sutiaji mengajak seluruh peserta untuk bergoyang Tik Tok bersama. Dirinya meminta Vira Ika, TikTokers alumni SMK Sriwedari, untuk unjuk kebolehan memimpin gerakan Tik Tok.

Menurutnya, kreatifitas dengan berkreasi melalui Tik Tok menjadi inovasi tersendiri dalam mengikuti perkembangan zaman, khususnya di era digital. Tak hanya mengajak bergoyang TikTok, Sutiaji juga memberikan uang saku bagi sejumlah peserta yang memiliki usaha, sebagai bentuk motivasi agar mereka bersemangat untuk menjadi entrepreneur muda.

“Kita selain dibekali kemampuan, saya yakin setiap orang pasti memiliki potensi. Ayo saat ini kita kreatif dengan terus berkreasi dan berinovasi,” tandas Sutiaji. (luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar