Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wali Kota Mojokerto Ajak Koperasi Bisa Memanfaatkan Teknologi Informasi

Mojokerto (Beritajatim.com) – Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag) Kota Mojokerto menggelar puncak acara Hari Koperasi Nasional ke-74. Dengan mengambil tema ‘Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat’, acara yang digelar di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat ini berlangsung secara daring dan luring.

Dengan tagline Digitalisasi Menuju Koperasi Modern, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menekankan, koperasi harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Pada era industri 4.0, bahkan menuju revolusi ke 5.0, maka koperasi sebagai soko guru nasional tidak boleh ketinggalan, harus ikut mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatanya,” ungkapnya, Sabtu (25/9/2021).

Masih kata Ning Ita (sapaan akrab, red), sudah saatnya koperasi harus mengambil peran penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan perkoperasian. Sebagai kota perdagangan dan jasa, Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto, diharapkan koperasi yang merupakan salah satu sektor pemberi layanan jasa bisa mengambil bagian sebagai penggerak ekonomi di Kota Mojokerto.

“Era digital menuntut pelayanan serba cepat dan mudah, sudah saatnya koperasi dalam melayani anggotanya bisa memberikan kemudahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Saat ini, kita akan berupaya secara maksimal. Bagaimana melalui program-program pemerintah bersinergi dengan seluruh insan koperasi untuk menguatkan ekonomi yang ada di daerah,” katanya.

Terutama di masa pandemi, lanjut Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Mojokerto, pemanfaatan teknologi informasi adalah salah satu cara untuk memutus penyebaran Covid-19 di masa pandemi dan menggerakkan perekonomian. Misalnya, melalui digitalisasi dalam pemasaran dan digitalisasi dalam proses transaksi pembayaran.

“Saat ini pola hidup di dalam masyarakat sudah mengarah kepada hal-hal yang sifatnya instan, serba cepat serba mudah serba gampang diakses hanya menggunakan 1 gadget. Sudah saatnya koperasi juga mentransfer kemudahan-kemudahan itu dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalam melayani anggotanya. 192 koperasi yang ada diharapkan bisa terus menguatkan sinergi dengan pemerintah melalui Diskopukmperindag,” ujarnya.

Resepsi Hari Koperasi ke-74 ini sekaligus grand final pemilihan Duta Koperasi Kota Mojokerto tahun 2021. Aldi Prawiranugraha (24), Mahasiswa Hukum di Universitas Negeri Jember (UNEJ) dan Wienda Ayu Wardani (20), Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dinobatkan sebagai Duta Koperasi Kota Mojokerto 2021.

Aldy Prawira Nugraha yang berasal dari Kelurahan Magersari, Kecamatan Magersari dan Wienda Ayu Kusumawardhani dari Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon ini berhasil melewati seleksi ketat dari para juri. Pasangan ini berhasil membawa pulang tropi, piagam dan uang pembinaan.

Pada kesempatan ini, dilakukan pula Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Mojokerto dengan DiskopUKMperindag. Turut hadir Wakil Wali Kota Mojokerto beserta Ketua TP PKK, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot), Kepala DiskopUKMperindag serta perwakilan pengurus Koperasi se-Kota Mojokerto. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar