Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wali Kota Malang Jadikan Momen Hari Pendidikan Nasional Bahan Refleksi Diri

Upacara Peringati Hari Pendidikan Nasional di depan Balai Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang melakukan Upacara Peringati Hari Pendidikan Nasional di depan Balai Kota Malang, Jumat, (13/5/2022). Wali Kota Sutiaji menjadi inspektur upacara. Peserta upacara adalah tenaga pendidikan se Kota Malang seperti Kepala TK, SD, SMP, SMA juga Kepala SMK Negeri ataupun swasta.

“Mudah-mudahan dengan peringatan hari pendidikan nasional ini kita mampu mendidik diri kita. Kita mampu mendidik keluarga kecil kita, kita mampu mendidik orang-orang di sekeliling kita, sehingga kita dapat menjadi orang yang berpengaruh bagi lingkungan sekitar kita,” kata Sutiaji.

Sutiaji dalam upacara ini juga membacakan, sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. Dia menyampaikan bahwa selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

“Ke depan, masih akan ada rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk merdeka belajar,” imbuh Sutiaji membacakan sambutan Mendikbud Ristek.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Suwarjana menambahkan bahwa guru harus menjadi fasilitator yang baik dalam merdeka belajar. Guru dituntut kreatif karena ruang belajar tidak hanya di dalam kelas tetapi juga dimanapun.

“Kewajiban Guru adalah untuk membimbing anak untuk karakter timbul kemudian kreatifitas timbul dengan sendirinya. Sumber belajar tidak hanya didalam kelas, dimanapun bisa dipakai untuk sumber belajar,” tandasnya.

Pada upacara peringati Hardiknas tersebut juga diberikan penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi Kota Malang mulai dari prestasi tingkat Internasional, Nasional dan Provinsi. (luc/kun)

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar