Politik Pemerintahan

Wali Kota Kediri Ingin Sulap Balai Benih Ikan Jadi Wisata Edukasi

Kediri (beritajatim.com) – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kunjungi UPT. Perikanan Budidaya Air Tawar dan Air Payau yang berada di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri. Di sana, Wali Kota Kediri melihat langsung beragam benih ikan yang dibudidayakan di tempat yang memiliki luas kurang kebih satu hektar dan berlokasi di Manisrenggo.

Dalam kunjungan yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Mohammad Ridwan, Wali Kota Kediri meminta agar UPT tersebut bisa dikelola dengan lebih optimal dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Ditambahkan pula, selain untuk pembenihan, Wali Kota Kediri berharap ke depan area tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat.

“Ini salah satu aset Pemerintah Kota Kediri yang digunakan untuk perikanan. Kita nanti akan menjadikan tempat ini menjadi wisata edukasi perikanan. Kalau kita lihat ikannya juga bagus-bagus dan ke depan saya yakin akan jauh lebih bagus dan lebih bermanfaat,” terangnya.

Di tempat yang sama, Mohammad Ridwan mengatakan, sesuai arahan Wali Kota Kediri yang ingin menjadikan area tersebut sebagai tempat edukasi, pihaknya akan mengadakan kajian dan akan mempersiapkannya dengan matang dan layak.

“Sebagai langkah awal, kita akan perbaiki dan memanfaatkan sarana yang ada dengan banyak belajar. Tentunya salah satu yang paling harus kita tekankan yaitu kita ingin memanfaatkan media sosial untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat tahu dan bisa memperdalam belajar budidaya ikan disini,” jelasnya.

Lebih lanjut Ridwan mengungkapkan benih ikan yang dibudidayakan diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat dan mensupport Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena selama ini banyak peminat yang membeli bibit ikan disana.

“Jadi kita jual bibit, untuk pembeli pasokan bibit ikan ada yang dari Kota Kediri bahkan sampai luar kota, dari Lamongan dan Jawa Tengah. Selain itu, kita juga berharap ikut meningkatkan konsumsi ikan masyarakat kita dengan support ikan dari sini,” ungkapnya.

Ridwan menambahkan, ada beragam jenis ikan yang dibudidayakan mulai ikan konsumsi sampai ikan hias. Untuk ikan konsumsi diantaranya ada ikan lele, ikan nila, ikan gurame, dll. Sedangkan untuk jenis ikan hias ada ikan koi, ikan mas koki, ikan golden black, dll. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar