Politik Pemerintahan

Wali Kota Batu Ingin Pemkab Malang Perhatikan Kepulangan TKI

Malang (beritajatim.com) – Rapat besar yang dihadiri tiga kepala daerah serta Forkopimda se Malang Raya, Rabu (1/4/2020) di Pendopo Agung Pemkab Malang hari ini, salah satunya membahas rencana kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ditengah pandemi virus corona.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menginginkan Pemerintah Kabupaten Malang untuk memperhatikan Pekerja Migrain Indonesia (PMI) yang akan pulang dalam waktu dekat ini.

“Saat ini PMI banyak dari Kabupaten Malang, jika mereka pulang ke rumah masing-masing pasti lewat wilayah kami, ada tiga Kecamatan yang aksesnya lewat Batu, seperti kecamatan Pujon, Kasembon, dan Ngantang,” ungkap Dewanti.

Menurut Dewanti, di Kota Batu memiliki akses masuk dari wilayah Kabupaten lain, seperti Kabupaten Malang, dan Mojokerto. Jika, dirinya memberlakukan lockdown untuk menanggulangi dan melakukan pembatasan masyarakat keluar masuk atau seperti di Jakarta jelas akan menambah polemik.

“Kabupaten punya TKI banyak. Ketika mereka pulang gak mungkin mereka tak boleh masuk. Hal itu jangan sampai terjadi. Jangan sampai ada yang meninggal dunia tak bisa dikuburkan karena bukan Penduduk sini,” paparnya.

Dewanti melanjutkan, dalam hal menanggulangi pendemi Covid-19 ini, banyak yang harus dipikirkan bersama untuk mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Malang Raya.

“Dengan kebersamaan antara tiga daerah (Kabupaten, Kota Malang, dan Batu, red) diharapkan dapat menjadi contoh daerah lain untuk bersama-sama dalam menanggulangi Covid-19 ini,” pungkasnya. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar