Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Buka Pameran Metamorfosa Anjani Batik Bantengan

Wali

Batu (beritajatim.com) –  Galeri Batik Anjani Kota Batu menghelat Pameran Metamorfosa lalam rangka peringatan delapan tahun berkarya,

Pameran tersebut sebagai representasi perjalanan dan perubahan (metamorfosa) Anjani Sekar Arum sang pemilik Anjani Batik Galeri dalam berkarya dan membatik selama delapan tahun terakhir.

Pemilik Anjani Batik Galeri, Anjani Sekar Arum menjelaskan jika batik yang menjadi fokus selama ini adalah batik bantengan.

“Bantengan merupakan salah satu seni budaya di Jawa Timur yang harus dilestarikan. Sebagai salah satu identitas Kota Batu, seni Bantengan dituangkan dalam karya batik tulis bernama Batik Banteng Agung untuk dikomersilkan dan dikembangkan.”paparnya, Jumat (05/08/2022).

Pameran yang berlangsung sejak tanggal 4 hingga 9 Agustus itu memamerkan koleksi berbagai motif batik termasuk batik bantengan sebagai salah satu corak khas Batik Anjani.

“Batik Banteng ini satu-satunya yang hanya ada di Kota Batu, sebagai salah satu budaya di Jawa Timur, khususnya di Kota Batu, Batik Banteng ini bisa menjadi Batik Khas Kota Batu,” imbuhnya.

Selain itu, Wali Kota Batu memberikan apresiasi atas dedikasi Anjani Batik dalam melestarikan dan mengenalkan batik hingga ke luar negeri.

“Saya mengikuti bagaimana perjalanan Anjani Batik hingga ada di posisi saat ini, ini adalah karya seni yang harus diapresiasi dan dihargai, semoga bisa terus bisa berkarya, dimana saja, sampai luar negeri, tapi jangan sampai melupakan Kota Batu,” terang Dewanti Rumpoko Wali Kota saat menghadiri pembukaan pameran didampingi Wakil Wali Kota Batu, H. Punjul Santoso.

Sebagai salah satu upaya mendukung batik menjadi Kriya Kain, Anjani Batik Galeri memberikan bantuan sarana prasarana membatik dan pembinaan ekstrakurikuler membatik untuk SMAK Yos Sudarso dan SMPK Widyatama Batu.

Pameran Metamorfosa dapat dinikmati oleh masyarakat umum mulai 4-7 Agustus 2022 di Galeri Raos Kota Batu. Masyarakat kota Batu dapat menyaksikan puluhan karya batik dari Anjani Batik Galeri dalam delapan tahun terakhir. (dan/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar