Politik Pemerintahan

Wakil Ketua DPRD Jember Pasok Dapur Umum ‘Wilayah Ngeyel Keplak’

Jember (beritajatim.com) – Dedy Dwi Setiawan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur, memasok beras untuk dapur umum ‘Wilayah Ngeyel Keplak’ di Kampung Kendalan, Dusun Semboro Pasar, Desa Semboro, Kecamatan Semboro.

Dedy mendengar ada tiga warga yang meninggal dunia di kampung itu. “Tidak tahu apakah terpapar Covid, karena tidak di rumah sakit. Akhirnya 100 orang di-tracing. Ada 45 yang positif setelah diuji antigen,” katanya.

Akhirnya, komunitas Arek Kendalan (Arken) berinisiatif melakukan isolasi mandiri. “Jalan (kampung) ditutup. Dapur umum dibuka. Jadi semua yang terpapar Covid diisolasi. Makanan ditanggung bersama pemerintah desa. Kebetulan di situ ada relawan lulusan perawat. Jadi dia yang memberi komando di situ,” kata Dedy.

Makanan dan obat diantarkan tiga kali sehari: pagi, siang, dan malam. “Petugas mengantarkan makanan sekaligus menunggui warga yang isomasi mandiri agar meminum obat,” kara Kepala Desa Semboro Antoni.

Mereka melakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan puskesmas, relawan, dan pemerintah desa. Sebuah papan pengumuman tertempel di ujung gang. ‘Perhatian! Dilarang Masuk Wilayah Kendalan. Anda Memasuki Wilayah Ngeyel Keplak’. “Warga menutup portal supaya tidak ketularan dari luar dan menularkan virus,” kata Antoni.

Dedy mengapresiasi langkah warga ini. “Kalau saya melihat, ada beberapa desa yang masyarakatnya sudah sadar melakukan isolasi mandiri. Saya mengacungkan jempol untuk Komunitas Arken (Arek Kendalan) dan pemerintah desa yang menyikapi pandemi dengan cepat di gang Kendalan,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar