Politik Pemerintahan

Wakil Ketua DPRD Jatim Ungkap Pentingnya Program Padat Karya

Surabaya (beritajatim.com) – Pemprov Jatim perlu menginisiasi program-program padat karya akibat dari gentingnya situasi perekonomian. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad.

“Kita tengah mengalami situasi genting, secara ekonomi, sosial, ditandai dgn goncangnya indeks harga saham gabungan terjun di bawah 5.000, dan currency kita merosot menuju 14.500 lebih. Indikator ekonomi di hampir semua sektor memburuk. Nilai Tukar Petani, Nilai Tukar Nelayan mengalami kemerosotan. Produktivitas hasil pertanian juga turun,” katanya.

“Program-program yang berorientasi padat karya musti diinisiasi, hal ini akan berdampak pada kegairahan perekonomian di tingkat desa,” tegas Sadad lebih lanjut.

Selain program padat karya, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim ini juga mengusulkan adanya desain ulang APBD. “Karena hakikatnya APBD dapat dioptimalkan sebagai stimulus perekonomian. Kita tidak perlu berekspetasi terlalu tinggi mengenai pertumbuhan ekonomi. Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana bisa bertahan agar masyarakat tidak terpuruk,” ujarnya.

“Di samping APBD, hal yang penting dilakukan adalah percepatan pencairan Dana Desa dari APBN. Gubernur sudah memanggil seluruh Kades dalam pertemuan di JX Expo beberapa waktu lalu. Hanya saja perlu terus dikawal,” pungkas Sadad. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar