Politik Pemerintahan

Wakil Ketua BPIP Pesan Perum Jasa Tirta I Harus Pancasialis Dalam Kelola Sungai

Webinar Perum Jasa Tirta I (PJT I).

Malang(beritajatim.com) – Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Hariono berharap Perum Jasa Tirta I (PJT I) sebagai pengelola sumberdaya air harus menjadi perusahaan pancasilais yang memiliki kebanggaan dalam berbangsa serta terus berinovasi mengembangkan potensi alam Indonesia untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Sebuah bangsa mandiri apabila dapat mengelola sumberdaya airnya secara berkelanjutan. Dengan melakukan konservasi, sehingga manfaat air terus dirasakan oleh generasi mendatang. Ini sejalan dengan misi negara melindungi segenap bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Selain sebagai dasar negara, Pancasila sebagai leitstar dinamis maupun statis selalu menjadi pandangan hidup sekaligus ideologi dalam menentukan tujuan pembangunan,” kata Hariono dalam webinar PJT I, Kamis, (2/9/2021).

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan, Kementerian PUPR Lilik Cahyadiningsih menjelaskan, bahwa fungsi dan peran PJT I yang utama adalah pelayanan umum di bidang SDA. Diantaranya melakukan kegiatan konservasi, pendayagunaan sumberdaya air dan pengendalian daya rusak Air.

“Pokok-pokok tentang tugas dan tanggung jawab perusahan kemudian dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2010 tentang Perum Jasa Tirta I. Perusahaan dapat mengoptimalkan peranan dalam hal pemberian izin penggunaan air serta bertindak selaku pengelola Sumber Daya Air,” ujar Lilik.

Sementara itu, Direktur Utama PJT I Raymond Valiant Ruritan mengungkapkan sebagai bagian dari peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia. Sudah seharusnyA sebagai bangsa Indonesia, semua warga harus bersyukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita. Dia berharap PJT I dapat terus berkontribusi menjaga amanah negara serta semakin profesional dalam mengelola SDA untuk kemakmuran Indonesia

“Bentuk syukur dapat dirupakan dalam bentuk menjaga amanah dan marwah sebagai negara kesatuan. Untuk itu diperlukan banyak literasi apapun dalam meningkatkan kompetensi kita untuk mencintai bangsa ini. Harapannya, PJT I dapat terus berkontribusi dalam menjaga amanah negara serta semakin profesional dalam mengelola SDA untuk kemakmuran Indonesia,” tandas Raymond. (Luc/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar