Politik Pemerintahan

Waiting List CJH Sumenep Capai 28 Tahun

Sumenep (beritajatim.com) – Warga Sumenep yang akan mendaftar untuk berangkat ke tanah suci menunaikan ibadah haji agaknya harus bersabar cukup lama, karena ‘waiting list’ atau daftar tunggunya sudah mencapai 28 tahun.

“Bagi warga Sumenep yang mendaftar haji sekarang, maka daftar tunggunya sudah mencapai 28 tahun,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Moh. Rifa’i Hasyim, Jumat (20/12/2019).

Sesuai data di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), jumlah kuota keberangkatan haji hingga 28 tahun mendatang sudah hampir penuh.

“Minat warga untuk berhaji ini luar biasa tinggi. Karena itulah daftar tunggunya lama. Kalau kita cek di Siskohat, kuota 28 tahun mendatang sudah hampir terpenuhi,” ujar Rifai.

Ia menerangkan, untuk wilayah Provinsi Jawa Timur mendapatkan kuota haji 35 ribu orang. Ternyata kuota tersebut sudah terisi separuh lebih. Apabila kuota yang ditetapkan itu sudah terisi, maka daftar tunggu akan semakin panjang.

“Jadi daftar tunggunya bisa menjadi 29 tahun kalau kuota Jawa Timur itu sudah penuh. Urutannya sesuai yang ada di siskohat. Baru apabila ada yang tidak melunasi, ada yang meninggal, ini urutannya bisa naik,” paparnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar