Politik Pemerintahan

Wagub Jatim Emil Dardak Dukung Upaya Bupati Trenggalek Tolak Tambang di Trenggalek

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak

Surabaya (beritajatim.com) – Wagub Emil mendukung upaya Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin dalam upayanya menolak tambang emas dengan menandatangai petisi chng.it/bzQcdtBC. Mengutip postingan terkait tambang pada lama Instagram @emildardak https://www.instagram.com/p/CMRXhEBJlV2/?igshid=1ccjlest7s1j3

“Komitmen ini saya berusaha menjunjung tinggi betul saat menjadi bupati Trenggalek, maka perjuangan @avinml dan masyarakat untuk menolak berlanjutnya tambang sebelum adanya kejelasan dampak sosial, lingkungan serta manfaat ekonomi rakyat” jelas Emil.

“Dalam Nawa Bhakti Satya ada Jatim Harmoni yakni menekankan keselarasan pembangunan dengan lingkungan tidak serta merta anti tambang, tetapi pro lingkungan dan pro rakyat, memastikan dampak lingkungan dan resiko ada upaya mitigasinya dan masyarakay mendapat banyak kebaikan” jelas mantan bupati Trenggalek ini

Dalam cuitan twitternya @EmilDardak menjelaskan “Pertama kali Kuasa Pertambangan terbit melalui Keputusan Bupati 702/2005 (tahun 2005) selanjutnya Izin Usaha Pertambangan eksplorasi melalui Kep Bupati 188.45/963/406.004/2012 (tahun 2012). Saya dilantik jdi Bupati Trenggalek dulu Februari 2016”.

“Saya mantan bupati Trenggalek yang mewarisi izin eksplorasi yang sudah ada sebelum saya menjabat bupati” ungkap Emil.

Emil merasa kecewa karena komitmen untuk memastikan tranparansi Amdal belum terpenuhi. “saya kecewa bahwa komitmen untuk memastikan transparansi dampak lingkungan dan sosial kepada masyarakat belum terpenuhi sebagai prakondisi kelanjutan izin berikutnya, dan sebagai Wagub Jatim yang juga mantan bupati Trenggalek, saya tidak mengetahui proses terbitnya izin eksploitasi tersebut”. (kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar