Politik Pemerintahan

Wagub Jatim Emil Dardak Dorong Pengembangan Potensi Bandeng Gresik

Gresik (beritajatim.com)– Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mendorong pengembangan potensi bandeng di Kabupaten Gresik, termasuk sambal yang cocok untuk dikonsumsi bersama bandeng.
“Masyarakat juga bisa mencari sambal yang cocok untuk dikonsumsi bersama bandeng selain itu banyak produk turunan dari bandeng ini bisa menjadi otak-otak juga,” ujar Emil Dardak, saat sambutan pada acara Festival Ikan Gresik 2021 yang digelar secara daring dan luring ini di kantor Bupati Gresik kemarin malam (7/05/2021).
Mantan Bupati Trenggalek itu, juga mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab Gresik. Dimana, ikan bandeng  dijadikan bagian dari pemulihan ekonomi nasional.
“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) yang menjadikan ikon ikan bandeng sebagai pemulihan ekonomi nasional,” paparnya.
Sementara Bupati Gresik Gus Yani menuturkan, potensi bandeng di Gresik ini 80.000 ton setiap tahunnya jika dihitung secara matematis perputaran uangnya sekitar Rp 1 triliun lebih jadi luar biasa yang dilakukan nelayan kita.
“Jika potensi bandeng ini dibuat industri padat karya akan membuka lapangan pekerjaan seperti cabut durinya dan dipackaging dengan baik,” tuturnya.
Terkait dengan itu, Wagub Emil mendorong pemetaan potensi bandeng ini kendalanya dari hulu sampai hilirnya
“Tantangan apa saja dalam budidaya bandeng ini harus dipetakan sehingga bisa disiapkan dengan baik,” ungkapnya.
Wagub Emil Dardak juga bercerita ketika Ibu Gubernur ditanya Presiden apa cita-citanya
“Cita cita kita sederhana yakni pengembangan kawasan Gerbangkertasusila salah satunya penanganan banjir di kali lamong dan pengembangan infrastrukturnya,” pungkasnya. (dny/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar