Politik Pemerintahan

Wagub Emil: Peran Tiga Pilar Tangani Covid-19 Terus Disinergikan

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memberikan ceramah virtual pembekalan KKN Studi Wilhan Pasis Dikreg LXI SESKOAD TA 2021, Selasa (7/9/2021).

Di hadapan ratusan Perwira Siswa, Wagub Emil memaparkan optimalisasi tiga pilar dalam penguatan pertahanan di daerah serta percepatan penanganan Covid-19.

Emil menyampaikan belum ada formula yang pasti di seluruh dunia agar terbebas dari pandemi Covid-19. “Salah satunya membangun jalur informasi yang baik dan melibatkan komunikasi langsung dengan jejaring di akar rumput,” tuturnya.

Untuk memperkuat sinergi, Emil menegaskan peran tiga pilar. Menurutnya, di dalam Forkopimda yang linear sampai ke tingkat lurah adalah tiga elemen yaitu Pemda, Kodam dan Polda.

“Selama penanganan pandemi, kita memastikan ada arahan-arahan yang konsisten dan tersinergikan di antara tiga pilar ini bersama Toga dan Tomas,” tegasnya.

Emil menyebut tiga pilar juga berperan dalam menerapkan PPKM mikro dan berupaya untuk mendorong tracing. “Setiap satu kasus aktif, kita meninjau beberapa puskesmas di beberapa wilayah apakah setiap personel ikut berperan serta,” ungkapnya.

Langkah-langkah tersebut menurut Wagub Emil terkoordinasi hingga ke percepatan vaksinasi. Menurutnya, peran lintas elemen menjadi sangat efektif. “Seperti kita ketahui Jatim sudah lepas dari level empat, bahkan sudah tidak ada lagi zona merah,” ujarnya.

Emil menyatakan bahwa hasil nyata dari koordinasi lintas elemen. Menurutnya, setiap keputusan strategis dilaksanakan bersama tiga pilar. “Sinergi yang kita lakukan seperti vaksinasi, bansos, operasi yustisi, membentuk kampung tangguh dan menangani permasalahan-permasalahan dampak pandemi,” pungkasnya. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar