Politik Pemerintahan

Wagub Emil Pantau Kedatangan 60 Ton Oksigen Cair di Pelabuhan Tanjung Perak

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk menyambut kedatangan kapal bantuan oksigen dari Konawe.

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk menyambut kedatangan kapal bantuan oksigen dari Konawe.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan pagi ini adalah tindak lanjut dari komunikasi beberapa waktu lalu mengenai pembahasan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Pertamina. “Jadi, kami beberapa waktu lalu dihubungi Corporate Secretary Pertamina untuk membahas CSR ISO tank oksigen dari Pertamina sebanyak 2 unit,” ungkapnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terjalin antara Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ), PT. Virtue Dragon Nickel Industry serta semua instansi dan pihak terkait yang sudah memberikan dukungan oksigen liquid sebanyak 3 unit, dan masing-masing unit sejumlah 20 ton.

“Tentunya ini akan membantu untuk menyediakan stok oksigen di rumah sakit dan bagi masyarakat yang membutuhkan di Jawa Timur,” lanjut Emil.

Senada dengan Wagub Jatim, dr Agung Zainal, pelaksana tugas Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Surabaya, menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan oksigen liquid ini. “Bantuan ini sangat berguna dalam situasi sekarang. Insya Allah ini seperti penambahan darah baru bagi kesehatan,” ungkapnya saat mendampingi kunjungan Wagub Jatim.

Lebih lanjut, Wagub Emil menjelaskan bahwa 60 ton oksigen liquid ini akan segera diangkut ke station dan kemudian didistribusikan ke tempat-tempat yang dibutuhkan sesuai dengan arahan Gubernur dari hasil pemetaan satgas oksigen.

Ia mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak industri-industri berat yang menghasilkan oksigen, namun masih sangat terbatas untuk armada pengangkutannya.

“Sekarang ini cukup sulit untuk mencari ISO tanknya, jadi untuk mengangkutnya ini yang sangat terbatas. Mudah-mudahan juga pelaku logistik seperti Kamadjaja bisa juga ikut koordinasi dengan Kemenko Marves menambah kapasitas tersebut,” lanjutnya.

Ke depannya, Wagub Emil menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan terus menjalin komunikasi dan koordinasi untuk bisa memenuhi kebutuhan oksigen di Jawa Timur.

Turut mendampingi, Ivy Kamadjaja, Deputi CEO Kamadjaja logistik, mengungkapkan rasa syukur bisa membantu mendistribusikan Liquid Oksigen untuk tujuan kemanusian.

Di luar itu kita masih terus bergerak melakukan pengiriman terutama barang-barang yang dibutuhkan untuk rumah sakit, tidak hanya untuk Jawa Timur akan tetapi juga keseluruh pelosok,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Arief Prabowo Direktur Utama PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, menyatakan bahwa bila ada bantuan terkait kemanusiaan harus diusahakan percepatan dalam penangannya. “Kalau ada seperti ini dari teman-teman, dari pemerintah, maupun dari asosiasi yang mau bongkar untuk kepentingan kemanusiaan bisa hubungi kami di masing-masing terminal untuk mempercepat kegiatan bongkarnya,” pungkasnya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar