Politik Pemerintahan

Wagub Emil Minta PMII Ikut Sukseskan ‘Nawa Bhakti Satya’

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak akan melibatkan kaum milenial, khususnya yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) untuk menyukseskan program Nawa Bhakti Satya.

Salah satunya dengan menjadikan sebagai mitra untuk millenial job center.
“Kami berharap pergerakan-pergerakan organisasi pemuda dalam sebuah organisasi akan melatih kepemimpinan dan kepedulian. Dan, inilah yang kami sentuh lebih dulu,” kata Emil usai acara Pelantikan Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Jatim di Islamic Center Surabaya, Kamis (21/2/2019).

Emil menjelaskan, dalam Nawa Bhakti Satya terdapat beberapa program utama salah satunya ‘Jatim Kerja. Yakni, lewat pembangunan balai latihan kerja (BLK) intensif maupun program empowering santri for entrepreneurship. Karenanya, pada uji coba pertama PMII dipandang sebagai mitra strategis.

“Pemuda yang tergabung dalam wadah organisasi ini adalah aset dan mitra strategis, karena mereka sudah ditempa. Misalnya, saat weekend yang lain jalan-jalan, tapi mereka malah berkegiatan,” ungkapnya.

Menurut Emil, para pemuda milenial yang tergabung dalam organisasi PMII terbukti memiliki karakter, bukan hanya intelektualitas semata. Selain itu, untuk membentuk sebuah karakter harus perlu pengujian yang membutuhkan waktu, sedangkan intelektualitas cukup dites sekali.

“Hal inilah yang membuat kami antusias, apalagi PMII ini juga bertujuan membangun masyarakat yang beriman dan bertakwa berlandaskan agama,” terang Emil sembari menambahkan sebagai mitra strategis PMII juga diajak untuk menyukseskan program Nawa Bhakti Satya lainnya termasuk Jatim Sejahtera, Jatim Cerdas dan Sehat serta Jatim Berkah.

Emil berharap, sebagai mahasiswa harus terus aktif bergerak, berpikir objektif dan tidak statis, sehingga akan terwujud pribadi muslim yang berkualitas. “Kami harap dengan menjadi lebih kompetitif, maka akan muncul generasi bangsa yang berkualitas, yang salah satunya bisa menjadi pemimpin bangsa,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PKC PMII Jawa Timur, Abdul Ghoni mengungkapkan akan siap menjadi mitra strategis Pemprov Jatim untuk turut terlibat menyukseskan program Jatim Cetar yang digagas Khofifah-Emil.

“PMII yang sebagai basis pengawalan akar rumput pastinya akan terus memberikan sumbangsih untuk masyarakat Jatim. Ketika kami dilibatkan, sangat bisa bersinergis. Kader-kader PMII merupakan pemuda progresif. Milenial Job Center jelas satu nyawa sengan visi kami,” tukas pria kelahiran Sampang Madura ini.

Meski siap mendukung penuh, Ghoni juga mengungkapkan akan terus mengawal program Cetar milik Khofifah-Emil. Bahkan, ia siap akan melakukan gerakan, jika program Cetar tersebut tidak terealisasi.

“Kami sepenuhnya akan mendukung program yang digagas pemprov saat ini. Namun, kami juga akan melakukan gerakan, jika programnya tak berjalan dan tidak menyentuh masyarakat,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar