Politik Pemerintahan

Wagub Emil Minta Menteri Pertanian Beli Tebu dari Petani Jatim

Tuban (beritajatim.com) – Terkait dengan adanya keluhan petani Tebu yang kesulitan untuk mendapatkan untung, Wakil Gubernur Jawa Timur mengajak dan meminta kepada Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo untuk memperhatikan hasil produksi tebu petani yang belum terserap maksimal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Emil Elestianto Dardak bersama Bupati Tuban mendampingi Menteri Pertanian untuk meninjau langsung program Program Hulu Hilir Agro Maritim di Desa Ngadirejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jumat (26/6/2020) kemarin.

“Kami pernah mendapat keluhan langsung dari petani tebu, yang mengaku masih kesulitan untung menjual hasil kebunnya. Oleh sebab itu, sebagai bentuk peduli terhadap petani saat pandemi covid-19, pemerintah pusat untuk bisa menyerap hasil produksi pertanian tebu petani Jatim,” jelas Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur saat memberikan sambutan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar Pusat bisa menyerap hasil pertanian tebu petani Jatim. Menteri Pertanian secara langsung meminta kepada Dirjen Perkebunan agar menelusuri beberapa point yang disampaikan Wagub Jatim terkait sulitnya serapan tebu dari petani.

“Tebu menanamnya setengah mati oleh keringat para petani oleh sebab itu, tebu dari Jatim harus diserap. Kalau ada tebu yang disampaikan pak wakil gubernur tadi, marahlah marah untuk rakyat itu tidak salah,” ungkap Menteri Pertanian saat berkunjung di Tuban.

Sementara itu, selain untuk meninjau akselerasi pertanian percepatan tanam padi pasca panen dalam kunjungannya di Tuban kali ini Menteri Pertanian juga untuk menyalurkan bantuan alat pertanian berupa traktor dan juga bibit untuk tanam. “Kami memastikan ditengah pandemi seperti ini peraut rakyat tidak teriak” tegas Menteri Pertanian.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar