Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wagub Emil Kunjungi Anjungan Cerdas Berkonsep ‘Michi No Eki’ Ala Jepang

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berkunjung ke Proyek Anjungan Cerdas yang berada di samping Bendungan Tugu Kabupaten Trenggalek, Rabu (29/9/2021).

Dalam kunjungannya, Emil didampingi oleh Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan PIW dari BPSDM Kementerian PUPR, Bupati Trenggalek dan inisiator atau penggagas dari Anjungan Cerdas, Ir Hermanto Dardak

Wagub muda ini berharap Anjungan Cerdas ke depan nantinya akan menjadi destinasi wisata dan juga penggerak ekonomi di wilayah Selingkar Wilis

“Dalam kunjungan ini, kami juga ingin memastikan, kami hadir full team dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang rencananya akan menjadi dinas yang mengelola kawasan ini atas amanah dari Kementerian PUPR. Dan, juga atas persetujuan bapak bupati, diharapkan menjadi destinasi wisata di wilayah Selingkar Wilis,” ungkap Emil.

Seperti diketahui, bahwasanya Proyek Anjungan Cerdas merupakan merupakan pembangunan rest area terintegrasi dari Kementerian PUPR. Rencananya, proyek tersebut akan dibangun di dua lokasi. Salah satunya di sekitar lokasi Bendungan Tugu, Desa Nglinggis, Tugu.

“Memang ini sebenarnya dari awal didesain terintegrasi, karena Anjungan Cerdas ini akan punya nilai jual viewnya yang menghadap ke Bendungan Tugu ini,” imbuh Emil.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga berharap nantinya Anjungan Cerdas ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah Trenggalek dan juga wilayah sekitarnya.

“Kami ingin Anjungan Cerdas ini bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, tentunya peran Pak Bupati akan sangat penting sebagai sohibul bait untuk menggerakkan masyarakat setempat, untuk bisa menghidupkan Anjungan Cerdas dengan konsep Michi No Eki atau stasiun di samping jalan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan PIW, BPSDM Kementerian PUPR, Ir Rezeki Peranginangin menuturkan bahwa dipilihnya Kabupaten Trenggalek bertujuan agar nantinya bisa menjadi pusat inkubasi untuk memicu pertumbuhan di wilayah sekitarnya

Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin yang juga ikut mendampingi pada acara itu juga mengucapkan terima kasih bahwa berkat pemikiran dan juga dedikasi putra-putra terbaik Trenggalek kemudian didukung pemerintah pusat dan provinsi, akhirnya banyak proyek strategis nasional dan proyek strategis yang ada di Trenggalek.

Inisiator dan penggagas dari Anjungan Cerdas, Hermanto Dardak mengatakan, bahwa selain menjadi tempat istirahat, Anjungan Cerdas juga akan menjadi simpul dari wilayah pertumbuhan di kawasan selatan.

“Tentunya ini sebagai simpul, karena konsepnya ada wilayah pertumbuhan selatan tentunya ada simpulnya. Nah, simpulnya kita buat salah satunya di sini untuk mendukung selingkar wilis tadi. Tentunya semua infrastuktur disediakan, jadi ini bisa seperti clearing house atau suatu proses yang secara menerus mengembangkan wilayah sini sampai ultimate nantinya dan yang menjadi titik simpulnya di sini,” pungkas Hermanto Dardak. [tok/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar