Politik Pemerintahan

Wagub Emil Apresiasi dan Ajak PKS Sinergi Menguatkan UMKM Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Kegiatan Webinar untuk UMKM yang digelar DPW PKS Jawa Timur, Sabtu (26/2/2021) hari ini disambut baik oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. Ia menyampaikan, apa yang dilakukan PKS Jatim sejalan dengan yang dilakukan Pemprov Jatim.

DPW PKS Jatim melalui Bidang Pemberdayaan Jaringan dan Ekonomi (BPJE) PKS Jatim memang menggelar Webinar ‘Agar Bangkit Siap Melejit di Masa Sulit’. Kegiatan ini direspon positif oleh pegiat UMKM di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 pegiat UMKM mendaftar dalam kegiatan ini. “Elemen politik seperti PKS menjadi penting, bersama pemerintah untuk terus menguatkan UMKM di masyarakat,” kata Emil.

Ia mengakui ada penurunan ekonomi di Jawa Timur di saat pandemi. “Semua mengalami kontraksi di bidang ekonomi. Penurunan ini juga dirasakan provinsi lainnya,” ujarnya.

Meski demikian, ia optimistis kondisi ekonomi di Jawa Timur terus membaik. Saat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), gerak ekonomi memang belum bisa tumbuh. Namun, baiknya penanganan Covid-19, akan sejalan dengan tumbuhnya ekonomi masyarakat.

“Covid-19 sudah semakin menurun, angkanya sekitar 500-600an. Tempat tidur ICU di rumah sakit yang tadinya 70 persen, sekarang sudah menurun hingga 50 persen. Ini optimisme tersendiri untuk memperbaiki kondisi ekonomi, menguatkan UMKM kita,” tutur Emil.

Emil kemudian berharap, pemerintah bisa terus bekerjasama dengan jejaring-jejaring yang dimiliki BPJE PKS Jatim. “Semoga kita bisa terus membangun kebersamaan dalam mengembangkan UMKM Jawa Timur. Semoga Allah SWT meridhoi ikhtiar kita bersama,” katanya.

Sementara itu, Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jawa Timur menyambut baik harapan Emil untuk bisa sinergi, bersama membangun UMKM Jawa Timur. “Alhamdulilah, sambutan Bapak Wagub menandakan bahwa adanya sinergitas antara parpol dan pemprov, serta perlunya kolaborasi positif untuk menghadapi tantangan pada masa pandemi Covid-19 ini,” kata Irwan.

Selain melalui bidang BPJE, Irwan berjanji akan memperjuangkan UMKM melalui anggota dewan yang dimiliki PKS. “Insya Allah ini akan jadi perhatian khusus aleg kita di dewan,” janjinya.

Menurut data dari BI, ujar Irwan, sebanyak 87 persen pelaku usaha yang bergerak di sektor usaha kecil, mikro dan menengah, UMKM terdampak pandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan menurunnya penjualan produk, arus kas yang menjadi bermasalah, serta proses produksi dan distribusi yang terhambat. “Oleh karena itu, webinar ini merupakan upaya DPW PKS Jatim untuk turut serta berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM di Jatim, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujar pria 45 tahun ini.

Irwan kemudian menjelaskan bahwa pelaku UMKM di Jawa Timur cukup besar. “Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, setiap tahunnya UMKM Jatim tumbuh sebesar 414 ribu pelaku UMKM dan menyumbang 57,52 persen PDRB Jawa Timur,” tegasnya

Wahyu Hermanto, Ketua Bidang BPJE PKS Jatim berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan kemampuan beradaptasi bagi para pegiat UMKM di Jawa Timur. “Kegiatan ini akan mengumpulkan ribuan pegiat UMKM yang tentu saja akan menjadi forum saling sharing yang memotivasi dan menguatkan semangat dalam mengembangkan usaha,” imbuh Wahyu.

Selain itu, ia menambahkan, berbagai materi yang akan disampaikan dalam pendampingan-pendampingan nanti akan membuat para pegiat UMKM dapat mudah beradaptasi di masa sulit. “Kami punya materi-materi khusus yang bisa dipakai teman-teman dalam menghadapi masa sulit usaha ini. Insya Allah UMKM Jawa Timur akan bangkit bersama-sama,” harap Wahyu.

Dalam kegiatan itu, hadir juga sebagai nara sumber, Rofik Hananto, Ketua BPJE DPP PKS dan Dwi Hari Cahyono, anggota DPRD PKS Jatim. Selain itu, kegiatan ini juga mengundang para coach bisnis, seperti Puguh Wiji Pamungkas, Presiden AVP Genpro Tapal Kuda, Coach Ridwan Abadi, dan Frandy. Mereka masing-masing adalah Founder Sukses Berkah Community dan CEO Jagobahasa.com yang juga Owner Solusindo & Language Center.

“Untuk meramaikan kegiatan, kami juga membagikan puluhan doorprize dan mengundang Wawan Saktiawan, seorang stand up comedy yang juga Ketua Bidang Seni Budaya DPW PKS sebagai pembawa acara,” katanya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar