Politik Pemerintahan

Wacana Pemangkasan Eselon III dan IV, Ini Sikap Pemprov Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo berjanji akan melakukan penghapusan jabatan eselon III dan IV.

Langkah ini dilakukan untuk menjalankan amanat Presiden Jokowi merampingkan birokrasi. Targetnya penghapusan eselon ini akan selesai dalam setahun ke depan. Bagaimana dengan sikap Pemprov Jatim?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim, Anom Surahno kepada wartawan di kantornya, Kamis (31/10/2019) menegaskan, pihaknya masih menunggu ketetapan dari KemenPAN RB terkait pemangkasan eselon III dan IV.

“Pada UU 5/2014 tentang Manajemen ASN memang tidak dikenal adanya eselon III dan IV. Yang ada adalah administrator dan pengawas. Pemprov Jatim memahami bahwa nanti eselon III dan IV akan ditiadakan,” kata Anom.

Yang menjadi perhatian BKD Jatim dengan pemangkasan eselon ini adalah camat (eselon III) dan lurah (eselon IV). Ini karena jabatan lurah dan camat tidak bisa difungsionalkan, karena fungsinya direktif dan kewilayahan. “Dia penguasa wilayah. Ini yang harus dicarikan jalan keluarnya melalui PP, Keppres atau Permendagri atau PermenPAN RB. Kami juga akan lihat analisa jabatan (anjab) dan analisa beban kerja (ABK) untuk menentukan kelas jabatan,” jelasnya.

Dia juga mengaku masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terkait rencana KemenPAN-RB.

“Kami masih menunggu petunjuk dari KemenPAN-RB yang disosialisasikan ke Menteri-menteri kemudian ke daerah-daerah,” ujarnya.

Anom menambahkan dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2014 menjelaskan tidak ada penyebutan eselon III dan IV. Jika hal tersebut diputuskan oleh pusat maka eselon III dan IV akan menjadi pegawai fungsional.

Anom mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai disosialisasikan PP 11/2017 tentang Manajemen PNS. Diketahui PP ini berisi tentang ketentuan mengenai penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, penilaian kinerja, penggajian dan tunjangan, penghargaan, disiplin, pemberhentian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua, serta perlindungan. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar