Politik Pemerintahan

Wacana ‘Lockdown’ Kawasan Madura, Ini Fakta Sebenarnya

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur

Surabaya (beritajatim.com) – Beredar viral undangan ‘Rapat Koordinasi¬† dengan Agenda Pembahasan Wacana Lockdown Kawasan Madura dengan Gubernur Jatim’ di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Sabtu (28/3/2020) pukul 17.00 WIB.

Yang diundang sebagai peserta Rakor adalah Ketua DPRD Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim dan Pangarmada II TNI AL. Bagaimana fakta sebenarnya? Apakah benar Madura di-Lockdown?

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam sesi Konferensi Pers update data ODP, PDP dan Positif Covid-19 di Jatim sempat menyinggung soal rapat koordinasi dengan Forkopimda Jatim. Langkah ini harus dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan secara berlapis di masyarakat.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Kapolda, Pak Pangdam, Ketua DPRD dan Pangkoarmada. Tadi juga ada Pak Wagub Jatim dan Pak Sekdaprov Jatim sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim. Mari sama-sama kita ingin membangun sinergitas dari hulu hingga hilir dan lini terbawah. Posisi ini harus kita pertahankan terus dan berseiring sebagai ikhtiar bersama untuk pencegahan agar lebih efektif lagi,” tutur Khofifah, Sabtu (28/3/2020) malam.

Terkait wacana Madura di-Lockdown, Gubernur Jatim tidak mengatakan hal tersebut. Melainkan, Pemprov Jatim hanya akan memasang drive through disinfektan untuk arus dari dan ke Madura, di antaranya di pintu masuk tol Jembatan Nasional Suramadu.

“Kita akan pasang drive through disinfektan untuk jalur yang akan masuk dan keluar di wilayah Madura. Kita akan pasang di sekitar tol Suramadu. Ini kita lakukan untuk meningkatkan dan memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap penyebaran corona di Jawa Timur,” tegasnya.

Selain akses keluar masuk Madura, drive through disinfektan juga akan dipasang di sejumlah pelabuhan, seperti Pelabuhan Probolinggo, Pelabuhan Situbondo dan Pelabuhan Kalianget di Sumenep. Penyiapan tenda drive through segera mungkin akan dilakukan. Pemprov telah memiliki kebutuhan yang cukup termasuk kebutuhan disinfektan. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar