Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wacana Koalisi PDIP dan Pemkab Lamongan, Begini Tanggapan Ketua DPC PKB

Ketua DPRD Lamongan, H Abdul Ghofur, saat di ruang kerjanya.

Lamongan (beritajatim.com) – Seiring dengan berjalannya waktu, wacana tentang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang tengah menjajaki silaturahmi untuk berkoalisi dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan tampaknya semakin menguat.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPC PDIP Lamongan, Ida Bagus Nugraha dalam situs resmi DPD PDIP Jawa Timur. Dalam keterangannya, Ida Bagus mengatakan, bahwa peluang merapatnya Partai berlambang banteng moncong putih tersebut dinilai sebagai langkah yang bagus untuk membangun sinergi antara Partainya dengan Pemkab Lamongan.

Selaku partai yang bukan pengusung Bupati Lamongan terpilih saat Pilkada Lamongan lalu, Ida Bagus menuturkan, bahwa penjajakan koalisi ini dilakukan demi kerja-kerja kerakyatan. Pihaknya juga berharap, Partainya akan mampu membangun sinergi dan simbiosis mutualisme yang apik dengan Pemkab Lamongan.

“Ya, kenapa tidak? Kalau kita nantinya melaksanakan silaturahmi dengan Bupati Lamongan, kan tidak ada salahnya. Yang penting saling menguntungkan, dan program kebijakan pembangunan tentu harus pro rakyat. Kami akan segera melakukan konsolidasi,” tandas Ida Nugraha, usai memimpin rapat internal DPC Lamongan, Minggu (12/9/2021) kemarin.

H Abdul Ghofur bersama Deddi Nordiawan saat memancing ikan bersama.

Sehubungan dengan hal itu, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lamongan, H Abdul Ghofur, saat dimintai tanggapan mengenai adanya wacana koalisi itu menyampaikan, bahwa pihaknya tidak ingin ikut campur lebih dalam mengenai wacana koalisi yang diambil oleh internal PDIP Lamongan tersebut.

“Kok tanya saya mas, biarlah itu menjadi urusan dan keputusan internal DPC PDIP Lamongan. Itu terserah mereka, yang penting saya fokus terhadap partai PKB di Lamongan,” ujar Abdul Ghofur yang juga Ketua DPRD Lamongan, saat dihubungi oleh beritajatim.com via telepon, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut, saat Abdul Ghofur didesak mengenai sikap PKB Lamongan apakah ikut berkoalisi atau justru memutuskan untuk oposisi, pihaknya menjawab, bahwa hal tersebut tentu harus melalui mekanisme kepartaian dan terlebih dahulu dikordinasikan dengan berbagai pihak, mulai dari DPC PKB Lamongan, DPW dan DPP PKB, bahkan juga PCNU Lamongan.

“Terkait keputusan kami di PKB, apakah akan koalisi atau oposisi, hal itu tentu kita putuskan berdasarkan mekanisme dan AD/ART Partai. Semuanya harus dirapatkan dulu bersama dengan DPC PKB Lamongan, meminta petunjuk dan kordinasi ke DPW dan DPP PKB, bahkan kita juga menyerap aspirasi dan meminta petunjuk kepada PCNU Lamongan,” tegasnya.

Tak hanya itu, saat Abdul Ghofur ditanya lebih dalam mengenai rahasia di balik hubungan mesra yang dijalaninya bersama sejumlah kader Partai Demokrat dan tokoh ternama di Lamongan, pihaknya membeberkan bahwa hal itu semata-mata kedekatan yang biasa ia lakukan untuk sekadar sharing tentang kesejahteraan dan pembangunan Lamongan.

Diketahui, sejumlah foto kebersamaan Abdul Ghofur dengan Debby Kurniawan (Anggota DPR RI Dapil Jatim X) dan Deddi Nordiawan, yang merupakan anak mantan Bupati Lamongan H Fadeli ini kerap tersebar di media sosial. Kabar kemesraan antar kedua pihak partai pun juga kerap dihubungkan oleh sejumlah pengamat politik tentang pengaruh peta politik yang terjadi Lamongan.

“Bisa saja mas kamu mancing-mancing. Mas Debby biasa kok komunikasi dengan saya untuk sekadar sharing dan diskusi seputar Lamongan, itu memang sejak dulu. Kalau agenda memancing bersama Mas Deddi beberapa waktu lalu itu ya karena kita sama-sama memiliki hobi memancing, sering kita lakukan sejak dulu, karena pandemi sempat terhenti, sekarang kita mancing bersama lagi. Mas Deddi itu kan akademisi, jadi obrolannya juga tentang pendidikan, dan lain-lain, enggak melulu soal politik,” jelasnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar