Politik Pemerintahan

Wabup Subandi Meminta Harmonisasi Industrial dengan Pengurus Serikat Buruh Berjalan dengan Kondusif

Sidoarjo (beritajatim.com) РWakil  Bupati H. Subandi membuka kegiatan Peningkatan Sarana Hubungan Industrial dan Harmonisasi Industrial Bagi Pengurus Serikat Pekerja/ Serikat Burun di Luminor Hotel Sidoarjo
Senin (21/6/2021).

Dikatakan Wabup Sidoarjo H. Subandi, harmonisasi industrial merupakan hubungan yang saling melengkapi untuk hadirnya rasa aman antara semua pihak, demi bergeraknya proses produksi atau pelayanan jasa di dunia usaha-usaha industri.

Dalam mewujudkan harmonisasi hubungan industrial di tingkat perusahaan peran fungsi Pengurus Serikat Pekerja/Serikat Buruh sangat menentukan.

Karena pengurus dapat membantu memberikan saran/masukan pertimbangan kepada perusahaan dalam merumuskan sarana lembaga industrial dengan syarat-syarat kerja yang lebih melindungi dan menciptakan kesejahteraan pekerja. Sehingga pada akhirnya harmonisasi lembaga industrial di tingkat perusahaan dapat terwujud.

“Kita akan selalu mendorong kegiatan-kegiatan seperti ini karena jangan sampai di era pandemi ini akan banyak masalah yang semakin meningkat akibat banyak perusahaan yang tutup dan pegawai yang dirumahkan, yang ternyata belum ada adanya suatu pembekalan dalam menghadapi permasalahan.

Jadi saya memberikan support dan berharap kegiatan seperti bisa sering dilakukan karena kegiatan peningkatan SDM seperti ini bisa memberikan suatu pembekalan agar mampu menyelesaikan permasalahan – permasalahan diperusahaan,” kata Wakil Bupati H. Subandi.

Kepala Dinas Tenaga Kab. Sidoarjo Fenny Apridawati menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan karena merupakan salah satu kebutuhan bagi SP/SB terkait menjaga hubungan Industrial yang harmonis dan kondusif di Kabupaten Sidoarjo.

“Harapan saya PUK ditingkat perusahaan lebih kuat lebih kokoh dan lebih pandai menyikapi banyak hal permasalahan yang ada di lapangan sehingga tidak perlu harus DPC yang menyelesaikan persoalan yang ada ditingkat perusahaan,” harap Fenny.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari 24 peserta dari pengurus DPC SP/SB dan 26 PUK di tingkat perusahaan. Hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman dan Pakar Hukum Kepailitan dan Bidang Ketenagakerjaan Hadi Subhan. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar