Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wabup Sidoarjo Subandi Buka Job Fair 2022

Sidoarjo (beritajatim.com) – Wakil Bupati H. Subandi menghadiri sekaligus membuka May Day Job Fair 2022 Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo di Alun-alun setempat, Selasa (24/5/2022).

Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi mengapresiasi terselenggaranya Job Fair kali ini. Ia mengatakan, di era revolusi industri 4.0 telah terjadi perubahan dunia kerja yang mengarah kepada sistem pengembangan sumber daya manusia yang bersifat multi kemampuan. “Tenaga kerja dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ucapnya.

Job Fair tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara offline dan virtual serta mengunakan aplikasi siap kerja untuk pelaksanaan registrasi, pelamaran lowongan pekerjaan, proses seleksi sampai dengan penempatan tenaga kerja.

Pandemi Covid 19 telah menyerang Indonesia sejak maret 2020 yang berdampak pada hampir seluruh aspek sektor kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali pada sektor perekonomian, banyak terjadi korban PHK dan dirumahkan di mana-mana termasuk di Kabupaten Sidoarjo.

Akibat terjadinya wabah Covid-19, lanjutnya, dalam dua tahun terakhir, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 naik 6,35%, dari tahun sebelumnya menjadi 10,97%.

“Dan alhamdulillah pada tahun 2021 mengalami penurunan sebesar 0,10% dari tahun sebelumnya menjadi 10,87%. Tingkat penuruanannya masih sangat kecil karena dipengaruhi beberapa faktor di antarannya sekitar 145 perusahaan di Sidoarjo yang menutup usahanya dan sekitar 13 perusahaan yang pindah/relokasi ke kabupaten lain karena beralasan upah minimum Kabupaten Sidoarjo sangat tinggi,” sebutnya.

Masih kata Subandi, berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Sidoarjo untuk menurunkan TPT melalui program/kegiatan di bidang ketenagakerjaan. Dalam menghadapi kondisi dan mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan usaha yang konkrit untuk mempercepat penanggulangan pengangguran.

“Ini salah satu kebijakan yang diambil adalah melalui usaha mempercepat pertemuan antara pencari kerja dan lowongan yang tersedia, sehingga terjadi penempatan kerja, yaitu melalui kegiatan bursa kerja terbuka (Job Fair) ini,” papa mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo itu.

Selain Job Fair Wakil Bupati juga membuka serangkain kegiatan yang meliputi peringatan hari buruh, Launcing program seribu angkringan santri, dan Soft Launching Replikasi Inovasi ayo kerja dari Disnaker Kabupaten Sidoarjo.

“Besar harapan kami, pada kegiatan ini para perusahaan mendapat tenaga kerja yang berkompeten sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang diinginkan. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan penempatan tenaga kerja secara proposional, sehingga terjadi pengurangan jumlah pengangguran secara signifikan. Untuk itu, saya menghimbau kegiatan seperti ini agar dapat diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan atau lembaga lain secara berkelanjutan pada waktu yang akan datang,” terangnya.

Dengan diselenggarakanya bursa kerja terbuka ini diharapkan informasi pasar kerja dan lowongan kerja antar kerja lokal (AKL), antar kerja antar daerah (AKAD) dapat diakses dengan baik dan berdampak positif bagi para pencari kerja khususnya di kabupaten sidoarjo dan para pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja yang pada akhirnya diharapkan akan mampu mengurangi TPT Kabupaten Sidoarjo. [isa/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar