Politik Pemerintahan

Wabup Pamekasan Sampaikan Pesan Utama ‘Kampung Tangguh’

Wakil Bupati Pamekasan, Raja'e saat memberikan sambutan dalam kegiatan peresmian 'Kampung Tangguh Semeru' di Desa/Kecamatan Tlanakan, Kamis (18/6/2020).

Pamekasan (beritajatim.com) – Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e mengajak masyarakat agar selalu bergotong royong sekaligus menyampaikan bahwa keamanan dan kesehatan menjadi tanggungjawab bersama. Khususnya di tengah pandemi virus corona alias Covid-19.

Hal tersebut disampaikan saat memberi sambutan dalam peresmian ‘Kampung Tangguh Semeru’ yang digagas Polres Pamekasan, di Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan, Kamis (18/6/2020). Di mana dalam kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Ajakan tersebut bukan tanpa alasan, sebab pihaknya menilai jika himbauan yang disampaikan pemerintah. Baik pemerintah pusat, provinsi, daerah hingga edaran dari Polri, semuanya merupkan upaya terbaik sebagai langkah antisipasi mencegah penyebaran wabah virus corona.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan tiga pesan utama melalui adanya program Kampung Tangguh Semeru yang digagas Polres Pamekasan, yakni tangguh dalam bidang kesehatan, tangguh dalam bidang ekonomi dan tangguh dalam bidang sosial dan keamanan,” kata Raja’e.

Bupati Pamekasan, Raja’e (tengah) bersama Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari dan Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M Effendi, saat meresmikan ‘Kampung Tangguh Semeru’ di Desa/Kecamatan Tlanakan, Kamis (18/6/2020).

Dari tiga aspek tersebut, pihaknya menjabarkan secara rinci seputar pesan utama tentang adanya program yang diagendakan dibentuk di seluruh desa, termasuk di pesantren. “Misalnya tangguh dalam bidang kesehatan, artinya kampung tangguh ini dibentuk agar kita mampu menghadapi Covid-19. Tentunya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

“Salah satu langkah yang harus dilakukan melalui penerapan protokol kesehatan, yaitu selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu menjaga jarak dan mengurangi penumpukan massa, serta selalu mengenakan masker saat keluar rumah,” sambung Raja’e.

Aspek lainnya berupa bidang ekonomi serta bidang sosial dan keamanan, seluruhnya merupakan poin penting dan menjadi unsur kesatuan di tengah pandemi Covid-19. “Tangguh di bidang ekonomi semisal pelaksanaan distribusi BLT DD, sementara di bidang sosial dan keamanan juga tidak lepas dari kerja keras aparat dan tentunya masyarakat desa yang sudah menciptakan sutuasi sosial dan keamanan yang baik,” jelasnya.

“Saat ini kita sedang melaksanakan ‘perang’ dengan menghadapi musuh yang tidak terlihat, hal ini tentunya menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama. Jadi mari kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan bersama, salah satunya dengan melakukan upaya pencegahan penyebaran pandemi ini,” imbaunya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap pandemj Covid-19 segera berakhir. Tidak hanya di Pamekasan, tetapi juga di seuruh penjuru tanah air. “Kami berharap semoga kita selalu diberi kesehatan, dan tidak kalah penting semoga pandemi ini segera berakhir. Sehingga kita kembali dapat beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar