Politik Pemerintahan

Wabup Malang Tak Kunjung Dilantik, Ini Kata Penasehat NasDem Jatim

Malang (beritajatim.com) – Hingga detik ini Wakil Bupati Malang terpilih, Mohamad Soedarman belum juga dilantik. Sudah hampir empat bulan pasca dipilih DPRD Kabupaten Malang, Soedarman belum juga mendapatkan surat keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri.

Menanggapi persoalan ini, Ketua Dewan Penasehat DPW NasDem Jawa Timur, Mochammad Geng Wahyudi mengatakan bahwa pihaknya, enggan berpikir negatif perihal belum dilantiknya Soedarman tersebut.

“Sebenarnya KPU yang harus lebih intensif menanyakan itu. Saya yakin, kalau secara informal, ada komunikasi politik. Secara politik iya mungkin rugi bagi kami (NasDem) selaku partai pengusung. Karena kalau mau menjegal ya dari awal. NasDem kan juga gak enak kalau terlalu ngejar, kan sudah ditetapkan,” ujar Geng, ditemui disela-sela acara di Mapolres Malang, Kamis (23/1/2020) siang.

Geng mengakui, nama Soedarman memang tidak cukup familiar di internal partai. “Saya saja baru tahu pas pemilihan itu,” ungkapnya.

Terlepas dari nama Soedarman yang tidak cukup familiar, Geng menyampaikan jika sejatinya tugas Bupati Malang, Muhammad Sanusi harus dibantu wakil. Karena wilayah Kabupaten Malang memang cukup luas.

“Dalam menjalankan tugas harian kan dia jadi nggak maksimal. Harus ada wakilnya. Apalagi kalau nanti incumbent ini maju lagi dan ikut pendaftaran, bisa terjadi kevakuman,” paparnya.

Geng berpandangan, tidak kunjung dilantiknya Soedarman mungkin juga dikarenakan faktor lain seperti administratif contohnya. Sehingga, Kemendagri masih menunda menerbitkan SK.

“Sebagai Wakil Bupati yang sudah ditetapkan, apakah dia sudah memenuhi semua syarat itu? Umpamanya begini, ada satu hal yang tidak memenuhi syarat, misal SKCK atau surat kesehatan, sehingga itu yang menghambat SK turun. Bisa juga kan? Kan Indonesia bukan Malang saja. Dan syarat-syarat itu sesuai aturan memang harus dipenuhi,” pungkas Geng. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar