Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wabup Jember Beberkan Empat Rahasia Puasa Versi Imam Al Ghazali

Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman

Jember (beritajatim.com) – Ada empat rahasia puasa yang harus dipahami umat Islam. Empat rahasia besar omo jika diketahui, dipahami dan dilaksanakan oleh umat Islam, maka ingin sepanjang tahun adalah bulan puasa.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman, dalam ceramah yang dihadiri rektor, wakil rektor, pejabat dan civitas akademika kampus di Masjid Al Hikmah, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (14/4/2022).

“Jika kita mampu menyibak rahasia puasa, maka hakikatnya hati kita juga akan mampu berpuasa. Berpuasa dari segala sesuatu yang selain Allah subḥanahu wata’ala. Maka tak heran Rasulullah berkata, jika saja umatku tahu rahasia puasa, maka niscaya mereka akan menginginkan sepanjang tahun adalah bulan puasa,” kata Firjaun.

Firjaun mengacu pada penjelasan Hujjatul Islam Imam Al Ghazali. Pertama, puasa adalah latihan bagi umat Islam untuk mengekang hawa nafsu, karena hawa nafsu adalah tunggangan setan. “Kedua, puasa melatih kita agar mampu menahan godaan dan hasrat barang haram. Selama menjalani puasa maka hal yang halal seperti makan dilarang dan kita mampu menaati apalagi sesuatu yang haram,” katanya, sebagaimana dilansir Humas Unej.

Rahasia puasa berikutnya adalah membuat bening hati. Pengasuh Pondok Pesantren Ash Shiddiqi Putra (Astra) Jember ini mengatakan, hati yang bening membuat hubungan antara Tuhan dengan manusia semakin dekat. “Makin dekatnya hamba dengan Sang Pencipta membuat seseorang akan dikaruniai berbagai kemampuan memasuki alam malakut,” kata Firjaun.

Rahasia terakhir, puasa mendidik manusia sadar diri, bahwa tujuan akhir adalah kehidupan di akhirat. “Bukannya kehidupan dunia yang fana,” kata Firjaun.

Firjaun mengatakan, perwujudan pendidikan puasa akan tampak setelah Ramadan berakhir. “Apakah salat kita, infak kita, tadarus kita akan berlanjut di sebelas bulan kemudian,” katanya. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar