Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wabup Gus Barra Pimpin GP Ansor Kabupaten Mojokerto

Gus Barra menerima berita acara hasil pemilihan dari pimpinan sidang di Wisma PC NU Kabupaten Mojokerto. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Muhammad Al Barra (Gus Barra) sebagai Ketua Terpilih Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Mojokerto. Gus Barra (panggilan akrab, red) ungul dari tiga kandidat bakal calon (bacalon) dalam Konferensi Cabang (Konfercab) XVIII GP Ansor Kabupaten Mojokerto.

Putra pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, KH Asep Saifuddin Chalim, ini mampu mengungguli perolehan suara tiga kandidat lainnya. Incumbent Ali M. Nasikh (Gus Ali), Muhammad Mahbubullah (Gus Mahbub) dan Samsul Ma’arif.

Ini setelah M Syukron Fahmi (Gus Fahmi) memutuskan mengundurkan diri. Putra pengasuh Ponpes Salafiyah Almishbar, Dusun Karangnongko, Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, KH M Chusaini Ilyas tersebut memilih mundur dengan alasan demi kebaikan dan keutuhan organisasi. Sehingga bacalon menyusahkan empat kandidat.

Hasil penghitungan suara, Gus Barra mengantongi, 96 suara disusul Gus Mahbub dengan 60 suara atau selisih 36 suara dari Gus Barra. Sedangkan Samsul meraih sembilan suara dan Gus Ali hanya satu suara. Total terdapat 166 suara yang masuk tersebut ini adalah hak suara 14 Pengurus Anak Cabang (PAC) plus ranting pemegang hak pilih se-kabupaten.

“Dengan ini, sahabat Al Barra dinyatakan sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto periode 2021-2025,” tegas Ketua Pimpinan Sidang Pemilihan dari Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur, Moch Jafar sekaligus menutup Konfercab bertema ‘Konsisten Mengawal Kiai dan NKRI’, Senin (13/12/2021).

Gus Barra Unggul dan memimpin GP Ansor Mojokerto

Menteri Agama RI (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan hadir di Konfercab di wisma PC NU Kabupaten Mojokerto, Minggu (12/12/2021) tidak hadir. Ketua Pengurus Pusat (PP) Ansor ini diwakili Wakil Ketua Umum PP GP Ansor Aunullah Habib. Turut hadir Ketua Tanfidziyah PC NU Kabupaten Mojokerto KH Abdul Adhim Alwy.

Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mojokerto Teguh Gunarko, perwakilan Polres Mojokerto, Polres Mojokerto Kota, perwakilan Kodim 0815 Mojokerto serta badan otonom (badom) dan lembaga di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Rangkaian Konfercab selesai Senin dini hari.

“Semoga dengan ketua yang baru (Gus Barra) ini, akan membawa GP Ansor menuju gerakan dan kiprah nyata yang lebih besar lagi bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto,” harap Bupati Mojokerto Ikfina Famawati.

Ketua Tanfidziyah PC NU Kabupaten Mojokerto, KH Abdul Adhim Alwy menambahkan, tidak kalah pentingnya tantangan bagi kader GP Ansor ke depan, karena masih menjamurnya ideologi ekstrem dan radikalisme di Indonesia. “HTI sudah dibubarkan, tapi ideologinya bergerak terus. Nah, ini tantangan bagi GP Ansor ke depan. Bersama pemerintah, TNI dan Polri, Ansor harus lebih sigap dan tegas dalam menangkal,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Terpilih Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mojokerto, Gus Barra mengatakan, kemenangan tersebut merupakan kemenangan semua. “Tidak ada yang kalah. Kita semua (kader GP Ansor) yang menang. Ke depan kita akan bekerja bersama-sama untuk memajukan PC GP Ansor lebih baik lagi,” tandasnya. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar