Politik Pemerintahan

Viral, Video Camat Tanggul Ajari Warga Difabel Salam Dua Periode

Jember (beritajatim.com) – Sebuah klip berdurasi 21 detik menjadi viral di media sosial warga Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tayangan itu mempertontonkan seorang pria berwajah mirip Camat Tanggul Muhammad Ghozali berpakaian batik dan mengenakan keplek mengajari seorang perempuan tua difabel agar mengucapkan ‘salam dua periode’ untuk bupati.

Tidak jelas lokasi dan waktu video itu dibuat. Namun dalam video itu, pria yang teridentifikasi Ghozali tersebut menuntun ucapan perempuan tua tersebut dan beberapa kali mengoreksinya. Ia didampingi seorang pria lainnya.

“Terima kasih, Pak Bupati,” kata perempuan itu.

“Ibu,” sahut Ghozali mengoreksi.

Perempuan tua itu pun membetulkan pernyataannya: “Ibu Bupati atas bantuannya, terima kasih banyak.”

Lalu Ghozali melanjutkan ucapannya yang ditirukan sang perempuan itu. “Semangat Bu, salam dua periode.” Tangan kiri si perempuan tua mengacungkan jempol dan dua jari tangan kanannya membentuk V.

Video ini membuat gerah Niman Syafii, warga Desa Kramat Sukoharjo, Kecamatan Tanggul. Ia mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu Jember, Jumat (14/2/2020) sore.

Ditemui Ketua Bawaslu Jember Imam Thobroni Pusaka dan Ketua Divisi Humas Devi Aulia Rohim, ia menanyakan respons Bawaslu terhadap video tersebut. “Saya tanyakan ke teman-teman katanya itu camat. Saya sendiri tidak pernah bertatap muka,” kata Niman.

Niman hanya ingin pelaksanaan pemilihan bupati bersih. “Tidak ada pengarahan begini-begini. Intinya orang itu (memilih) dari hati ke hati,” katanya.

Niman ingin aparat pemerintah daerah harus netral dalam pilbup. “Harus netral, tidak usah mengarah ke salah satu bakal calon,” katanya.

Beritajatim.com berupaya menghubungi Ghozali via telepon dan WhatsApp. Namun tidak ada respons hingga Jumat malam ini. Sebelum menjadi camat, Ghozali sempat menjabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Sekretaris Dinas Pendidikan Jember. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar