Politik Pemerintahan

Vian Belajar Soal Layanan Penyandang Disabilitas dari Teman di Jerman

Jember (beritajatim.com) – Dwi Arya Nugraha Oktavianto, calon wakil bupati pendamping Faida, berjanji menyiapkan kartu penyandang disabilitas sebagai bentuk pendataan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, jika terpilih dalam pemilihan kepala daerah.

“Buat apa kita data? Supaya kita bisa mengalokasikan dana untuk mereka semua, untuk menjamin kesejahteraan sosial, ekonomi, dan akses prioritas layanan publik bagi penyandang disabilitas,” kata Vian, sapaan akrabnya, usai acara dialog forum disabilitas berkomunikasi yang digelar National Paralympic Committee Indonesia, di Hotel Meotel, Selasa (13/10/2020) malam.

Kartu penyandang disabilitas ini, menurut Vian, sudah diterapkan di Jakarta dan Jogjakarta. “Saya sudah belajar dari teman saya di Jerman adanya kartu disabilitas untuk men-screening akses layanan publik agar lebih diutamakan,” katanya.

Vian juga berjanji menyiapkan payung hukum melalui Komisi Disabilitas Daerah. Ia ingin mengejawantahkan isi peraturan daerah tentang difabel yang sudah dimiliki Kabupaten Jember. “Ketiga, (membangun) pusat layanan disabilitas sehingga pelayanan publik dan sarana-prasarana yang menunjang bentuk bangunan harus memprioritaskan penyandang disabilitas,” katanya.

Vian ingin semua lembaga pendidikan menerima penyandang disabilitas. “Kami siapkan guru pendamping bagi penyandang disabilitas, sehingga proses belajar mengajar tetap berlangsung dan memenuhi hak pendidikan kaum disabilitas,” katanya.

Layanan dalam jaringan dan digitalisasi akan diterapkan bagi penyandang disabilitas selama masa pandemi. “Jaringan wifi gratis bisa diterapkan di Jember ke depan,” kata Vian. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar