Politik Pemerintahan

Validasi Data Kemiskinan, Dinsos Kabupaten Kediri Gelar Bimtek SIKS-NG kepada Tenaga IT Desa

Kediri (beritajatim.com) – Dalam rangka pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial setempat kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation atau SIKS-NG. Kegiatan ini diikuti oleh para Tenaga IT Desa di Kabupaten Kediri.

Bimtek SIKS-NG hari ini berlangsung di Gedung Aula Dinsos Kabupaten Kediri Jalan Mayor Bismo, Kota Kediri. Yang berbeda dari Bimtek tahun sebelumnya, pada kegiatan kali ini dihadiri oleh Anggota DPRD setempat H. Sulkani dari Fraksi PDI Perjuangan, sebagai salah satu narasumber.

Pelaksana Tugas Kepala Dinsos Kabupaten Kediri Drs. Suharsono melalui Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Ariyanto mengatakan, dalam kegiatan Bimtek ini pihaknya menghadirkan tiga narasumber. Pertama dari Anggota DPRD, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta pihak Dinsos sendiri.

“Anggota DPRD hari ini sebagai salah satu narasumber dan memberikan informasi materi terkait DTKS baik secara makro maupun mikro,” kata Ariyanto usai membuka kegiatan, Rabu 24/2/2021).

Masih kata Ari, panggilan akrabnya, pihaknya sengaja menghadirkan Dispendukcapil terkait dengan pemadaan atau pencocokan data NIK. Karena data NIK dalam DTKS tersebut belum sepenuhnya sempurna.

Diakuinya, dalam DKTS masih banyak ditemukan data kemiskinan yang tidak valid. Diantaranya karena perubahan data orang meninggal dunia maupun mutasi pindah tempat. “Dengan adanya Bimtek ini ada menu baru dalam aplikasi yang lebih memudahkan bagi petugas IT Desa dalam pemutakhiran data,” tegasnya.

Bimtek SIKS -NG ini rencananya akan diselenggarakan hingga 6 Maret 2020 mendatang. Mengingat kegiatan berlangsung ditengah pandemi Covid-19, maka Dinsos melakukan pembatasan jumlah peserta untuk mematuhi protokol kesehatan. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar