Politik Pemerintahan

Vaksinasi Covid-19 di Ponorogo Masih Dibahas

Plt. Bupati Ponorogo, Soedjarno ]foto/dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 99 tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Dasar hukum itulah yang menjadi pijakan pemerintah daerah untuk membuat kebijakan. Yakni kebijakan vaksinasi untuk penanggulangan Covid-19 di bumi reyog. “Pemkab Ponorogo sudah ada persiapan kearah sana, dalam hal ini vaksinasi,” kata Plt. Bupati Soedjarno, Selasa (10/11/2020).

Meski pengadaan vaksin ditangani pusat, namun daerah diminta urun anggaran untuk melaksanakan vaksinasi di wilayahnya. Maka dari itu, Soedjarno menyebut pihaknya saat ini sudah pembicaraan dengan DPRD Ponorogo terkait vaksin ini.  “Antara eksekutif dan legislatif belum mengunci besaran anggaran yang akan dialokasikan,” katanya.

Sebab, urusan anggaran vaksin ini akan menjadi bahasan utama dengan legislatif. Dalam forum pembahasan R-APBD 2021, rencana vaksinasi Covid-19 ini dikupas secara mendalam. Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, kata Soedjarno, masih melakukan pendataan terkait usulan calon penerima vaksin Covid-19.

Dinkes diminta menyeleksi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak yang dirasa perlu. “Dinkes belum selesai melakukan pendataan. Saat ini Dinkes melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran termasuk di tingkat desa,” pungkasnya. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar