Politik Pemerintahan

Vaksinasi 2.700 Warga di SIER, Peserta Diberi Oleh-oleh Es Krim

Surabaya (beritajatim.com) – Ada yang unik dalam vaksinasi massal di kawasan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Kota Surabaya. Setiap peserta vaksin diberi oleh-oleh es krim yang mengandung vitamin C cukup tinggi.

Vaksinasi ini kerjasama PT SIER dengan Kodim 0831/Surabaya Timur. Total ada 2.700 dosis vaksin Sinovac yang disuntikkan pada pekerja, pedagang kaki lima, hingga warga yang tinggal di kawasan industri SIER.

Setiap peserta yang usai di vaksin, diberikan es krim di pintu keluar oleh Campina, salah satu tenant PT SIER. Tak hanya satu es krim, ada beberapa peserta yang mengambil lebih dua es krim. Peserta sangat senang dengan pemberian es krim tersebut.

Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono saat meninjau serbuan vaksinasi Covid-19 ini pun memberikan pujiannya. Menurutnya, vaksinasi di PT SIER bisa berjalan dengan lancar, tidak ada penumpukan massa atau kerumunan karena antrian yang banyak, meski diikuti banyak orang.

“Vaksinasi massal Kodim 0831 Surabaya Timur yang bekerjasama dengan di PT SIER ini salah satu contoh pelaksanaan vaksinasi yang baik. Tidak ada antrian yang panjang, meski diikuti sebanyak 2.700 orang untuk dua hari. Apalagi setiap peserta mendapat es krim yang bisa jadi oleh-oleh,” kata Adi, usai keliling meninjau pelaksanaan vaksin, Kamis (22/7/2021).

Adi mengaku sangat bergembira, karena jumlah warga Surabaya yang sudah divaksin pada tahap pertama cukup banyak. Berdasarkan data per 19 Juli 2021, jumlahnya mencapai angka 48,14 persen atau sebanyak 1.383.683 dari total warga Kota Pahlawan yang harus divaksin mencapai 2.874.314 jiwa.

“Pemkot Surabaya menargetkan 70 persen warga dapat divaksin untuk mencapai herd immunity atau kekebalan masyarakat. Tujuannya jelas untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Ketua PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Dia berharap, kegiatan vaksinasi massal seperti di SIER ini bisa dilakukan di tempat lain. Dukungan berbagai pihak seperti dari TNI, Polri dan lembaga-lembaga lain sangat ditunggu untuk mendukung pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. “Saya sangat bergembira karena semakin banyak warga Surabaya dan warga yang tinggal di Surabaya yang sudah di vaksin,” kata Adi.

Sementara itu, Komandan Kodim 0831/Surabaya Timur Kolonel Inf Agus Faridianto yang turut hadir menyaksikan serbuan vaksinasi Covid-19 mengatakan, vaksinasi ini merupakan program serbuan vaksinasi lewat jalur TNI.

“Kami melaksanakan arahan Bapak Pangdam V/Brawijaya dan di Kodim Surabaya Timur sendiri sudah tujuh kali rangkaian serbu vaksin di berbagai tempat, salah satunya di kawasan industri SIER ini,” katanya.

Dalam pelaksanaan vaksin ini, kata Dandim, pihaknya menerjunkan sebanyak 14 orang tenaga kesehatan dan enam orang sebagai operator pembuatan sertifikat. “Vaksinasi ini digelar dua hari mulai Rabu 21 Juli 2021 dan Kamis 22 Juli 2021. Nanti vaksinasi tahap kedua bakal digelar 28 hari ke depan di SIER juga,” tandas Agus.

Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono menjelaskan, kunci pelaksanaan vaksinasi di SIER bisa berjalan lancar adalah adanya pendaftaran online dan pengaturan jam kuota. Selain itu juga disediakan tempat khusus bagi peserta yang datang sebelum jam kuota vaksinasi.

“Peserta yang datang telah melakukan pendaftaran online. Bagi yang tidak bisa mendaftar online didampingi petugas. Lalu pengisian formulir dilakukan di rumah karena sebelumnya form pengisian sudah dikirim sebelumnya. Sehingga sejak antri datang hingga keluar tidak terjadi hambatan berarti,” jelasnya.

Didik mengatakan, vaksinasi massal ini bisa berjalan berkat kerjasama PT SIER dengan Kodim 0831/Surabaya Timur dengan difasilitasi penyelenggaraan oleh PT SIER pengelola kawasan industri di Rungkut Surabaya

“Setiap jam kita atur kuota sebanyak 300 orang. Sehingga antrian tidak terlalu lama, hanya sekitar 20 menit. Bahkan ada yang hanya menunggu 10 menit mulai datang hingga di suntik. Usai vaksin, setiap peserta mendapat es krim dari salah satu tenant kami. Jadi vaksinasi ini sangat menarik,” tandasnya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar